Tambang Batubara Sawalunto Meledak

Sore Ini, Semua Korban Sudah Dapat Dievakuasi

VIVAnews - Seluruh tim evakuasi yang terdiri dari Pemda Sumatera Barat, Polda Sumatera Barat, TNI, Satkorlak Sawalunto, Solok, Sujunjungan, Tim SAR, dan Mapala, sudah turun ke lokasi. Diharapkan sore nanti, korban sudah dievakuasi. 

Ade Edwar Kordinator Satkorlak Penanggulungan Bencana Sumatera Barat kepada VIVAnews, Rabu 17 Juni 2009 menyatakan keyakinannya, bila cuaca mendukung dan peralatan memadai, tim sore ini akan mengeluarkan sisa korban yang tertimbun.

"Hingga siang ini baru 20 orang, dan kemungkinan kami upayakan korban lainnya bisa dievakuasi sore ini, semuanya. Tim sudah menembus kesana," kata Ade Edward. 

Menurutnya, 4 dari 9 korban yang mengalami luka bakar dinyatakan berada dalam kondisi serius. Sedangkan 3 korban mengalami luka sedang dan ringan. Sampai saat ini baru satu orang korban yang dirujuk ke RSUP M Djamil Padang.

Tambang batu bara ini dikelola CV Perdana yang bekerja di lahan pertambangan milik Dasrat. Ledakan ini terjadi karena reaksi gas metan dari  percikan api yang terjadi di lubang tambang sedalam 100 meter.

Ledakan hebat di dalam lubang tambang rakyat ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dan menyemburkan api setinggi 50 meter dari mulut tambang. Ledakan ini terjadi karena adanya percikan api yang memancing reaksi gas metan sehingga menimbulkan ledakan hebat.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya
Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Tembus 1 Juta Penonton, Joko Anwar Kasih Selamat

Film Badarawuhi di Desa Penari produksi MD Pictures berhasil meraih 1 juta penonton. Diketahui, film garapan Kimo Stamboel itu resmi tayang sejak 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024