Tambang Batu Bara Meledak di Sawahlunto

Korban Jiwa Ledakan Tambang Maut Bertambah

VIVAnews - Ledakan terjadi di lubang tambang batubara di Bukit Bual/Ngalau Cigak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, Selasa 16 Juni 2009 pukul 10.00.

Jumlah korban jiwa bertambah hari ini. Nofriadi (19), korban kritis dengan luka bakar yang mencapai 70 persen, menghembuskan nafas terakhir setelah mendapat perawatan medis.

"Luka bakarnya yang hampir disekujur tubuh membuat nyawa korban tidak tertolong," kata Humas RS M Djamil Padang, dr Irayanti pada VIVAnews, Jumat 19 Juni 2009. Nofriadi adalah korban rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto.

Sampai saat ini tercatat sudah 32 orang tewas dalam insiden ledakan tersebut. Setelah kepergian Nofriadi, RS Djamil masih merawat satu korban kritis yakni Rizon Febri (28). Saat ini dia dirawat di ruangan ICU. Total, sebanyak sembilan korban ledakan tambang masih dirawat di RS M Djamil dan RSUD Sawahlunto.

Rata-rata korban yang dirawat di RSUD Sawahlunto mulai membaik dan menunggu massa pemulihan. Menurut staf humas RSUD Sawahlunto, Doni Syahputra, korban yang dirawat di RSUD Sawahlunto rata-rata berada di luar areal tambang saat ledakan terjadi.

Sebelumnya, Kepala Kepala Biro Hukum dan Humas Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Sutisna Prawira penyebab kecelakaan diduga akibat ledakan gas metana (CH4). Tak hanya melemparkan material hingga sejauh 150 meter, 14 orang yang berada pada jarak sekitar 50 meter dari mulut tambang juga terlempar.

Tambang maut tersebut adalah tambang milik Kuasa Pertambangan (KP) Eksploitasi batubara PT Dasrat Sarana Arang Sejati.

Sedangkan pelaksana penambangan tersebut adalah CV Cipta Perdana. Penambangan dilakukan secara manual menggunakan alat gali belincong dengan membuat lubang-lubang masuk di dalam lapisan batubara tanpa ada ventilasi memadai, hanya mengandalkan ventilasi alami.

Korban meninggal kebanyakan mengalami luka bakar atau kehabisan oksigen. Saat ledakan terjadi, api setinggi 50 meter menyembur dari lubang.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Laporan: Eri Naldi|Padang

Tarisland

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Kini, official Tarisland semakin meningkatkan kegembiraannya dengan diumumkannya event Tarisland Superstar, sebuah langkah yang telah menciptakan kehebohan pada komunitas

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024