ARB Takjub Saksikan Perayaan HUT TNI ke-70

Parade alutsista HUT TNI ke-70
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, mengaku takjub saat hadir dan menyaksikan langsung perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Dermaga Kiat Indah, Cilegon, Banten, pada Senin, 5 Oktober 2015.
Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman

Menurut ARB (panggilan akrabnya), dalam perayaan itu, TNI menunjukkan sedikit dari seluruh kekuatannya. Berdasarkan hal itu saja, TNI sudah tampak luar biasa dan tak dapat diremehkan.
Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika

"Setelah saya melihat apa yang tadi dipertontonkan oleh mereka (TNI), saya tak bisa bilang apa-apa selain luar biasa membanggakannya mereka (TNI)," ujar ARB kepada VIVA.co.id seusai acara perayaan itu.
ARB dan Habibie Hadir Bersamaan di Lokasi Rapimnas Golkar

Menurut ARB, sangat membanggakan bisa melihat kekuatan TNI yang membela rakyat dan negara. "Itu adalah sesuatu yang membanggakan, bisa melihat TNI berjuang bersama rakyat, membela rakyat." Dia berharap TNI dapat lebih kuat di masa mendatang agar dapat melindungi dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan HUT ke-70 TNI di Cilegon melibatkan 16 ribu prajurit TNI yang melakukan parade dan defile. Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI juga dikerahkan dari ketiga angkatan, antara lain, TNI AD mengerahkan enam tank Scorpion, empat tank Marder, empat panser Tarantula, dan 1 radar Giraffe.

TNI AL mengerahkan empat tank BMP 3 F, 3 tank LVT 7, 3 roket RM 70 Grad dan 2 Howitzer LG 1 MK 2. TNI AU mengerahkan dua kendaraan khusus Smart Hunter, dua truk Mercy Target, rrone, dan rudal QW3.

Alutsista demo terdiri atas TNI AD satu pesawat Fennec, empat pesawat Hely MI 35 P, 1 pesawat Hely MI 17 VS, 12 pesawat Hely Bell 412, tiga pesawat Hely Bell, dua pesawat Hely BO 105, dan satu pesawat EC 120. 

Sedangkan TNI AL, fly pass satu pesawat Dolphin HR 3601, tiga CN 235, enam Cassa NC 212, dua Cassa Patmar, enam Bonansa, enam Bell 412 dan 4 BO 105. Sebanyak 43 kapal tempur terdiri dari dua Klas Sigma, dua Klas MARF, empat Klas Amy, satu kapal selam, dan lain-lain.

TNI AU terdiri atas delapan pesawat Hely EC 120, tiga pesawat angkut CN235, enam pesawat CN295, dan puluhan pesawat tempur ejnis Sukhoi, Hawk, F-16, dan lain-lain.

Selepas pelaksanaan upacara, dilanjutkan demonstrasi prajurit dan alutsista. TNI AD menampilkan demo Yongmoodo berkekuatan 3.233 prajurit. Demo itu dilakukan guna meningkatkan keterampilan prajurit dalam teknik beladiri militer dengan baik, sedangkan gerakan yang ditampilkan adalah Yonghobob, Gibon, Sasu, teknik jatuh, perkelahian tanpa alat dan perkelahian dengan alat.

TNI AL mendemontrasikan operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi laut gabungan dalam rangka merebut keunggulan laut dan operasi amfibi untuk mengembalikan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya