KNKT Amankan Kotak Hitam Pesawat Batik Air

Pesawat Batik Air Tergelincir di Yogyakarta
Sumber :
  • IST

VIVA.co.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah melepas black box (kotak hitam) dari pesawat Batik Air yang tergelincir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. KNKT selanjutnya  akan membawa kotak hitam ke Jakarta untuk dilakukan penelitian guna mengetahui penyebab tergelincirnya pesawat.

"Black box sudah kita lepas dan akan segera dilakukan penelitian," kata Investigator KNKT, Nur Cahyo Utomo, di kantor Angkasa Pura I Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Sabtu 7 November 2015.

Tabrakan Pesawat, DPR Sidak Bandara Halim Perdanakusuma

Diutarakannya, evakuasi pesawat Batik Air berlangsung kemarin malam hingga pagi hari tadi.

Nur Cahyo menjelaskan KNKT menerjunkan  tiga anggota KNKT ke Yogyakarta untuk melakukan investigasi. Mulai dari mencari data-data di lapangan sampai dengan meminta keterangan para awak pesawat.

"Kami akan lihat lokasinya seperti apa, kondisi pesawat bagaimana. Lalu data cuaca Yogyakarta saat itu serta kondisi landasan," tuturnya.

Lebih jauh Nur Cahyo mengatakan dilihat dari tipe dan jenis Kotak Hitam, alat di KNKT akan mampu membacanya.

"Dilihat dari tipe dan jenis Black Box, kami yakin alat kami di Jakarta mampu membaca," katanya.

Dia mengatakan, hasil penyelidikan penyebab tergelincirnya pesawat membutuhkan waktu sangat panjang hingga satu tahun. Namun KNKT akan berusaha secepatnya.

"Ketentuan international satu tahun, tetapi bukan berarti lantas kami bersantai, kami akan berusaha secepatnya. Kemungkinan tiga sampai empat bulan," ujarnya.

KNKT Periksa Pilot Batik Air yang Tabrak Pesawat TransNusa
Pesawat Batik Air tabrak pesawat TransNusa

Tabrakan, Batik Air Melaju Cepat Menuju Landasan

Secara menyeluruh KNKT akan menjelaskan dari hasil investigasi.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016