Uskup Agung Wafat, Ribuan Jemaat Padati Katedral Semarang

Uskup Agung Wafat, Ribuan Jemaat Padati Katedral Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id - Ribuan umat Katolik di Semarang, Jawa Tengah, memadati Gereja Katedral Sub Tutela Matris Semarang, Rabu, 11 November 2015. Para jemaat memberikan penghormatan terakhir terhadap jenazah Uskup Agung Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta.
Kader Disegani, Demokrat Kehilangan Sosok Gubernur Kepri

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, sejak pukul 11.00 WIB, jenazah disemayamkan di Gereja Katedral setelah diberangkatkan dari Rumah Sakit Elsabeth Semarang pagi tadi. Ribuan jemaat sudah tampak antre panjang hingga pintu masuk gereja untuk memberikan penghormatan terakhir kepada pemimpin umat Katolik se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu.
Tutup Usia, Gubernur Kepri Tak Sempat ke Istana

Selain jemaat, sejumlah keluarga dekat juga terus berdatangan dalam upacara penghormatan itu. Para petugas gereja mendirikan tenda di depan pintu masuk. Karangan bunga dari berbagai tokoh pemerintahan maupun swasta di Kota Semarang juga terus memenuhi kompleks Gereja.
Masyarakat Berduka Gubernur Kepri Tutup Usia

Lagu-lagu latin gereja mengalun lirih saat ribuan jemaat secara bergantian menuju peti jenazah Romo Pujasumarta. Satu di antara lagu yang dinyanyikan sangat khidmat adalah lagu Nderek Dewi Maria. Tangis para jemaat dan romo terlihat saat mereka saling bersalaman di samping peti jenazah.

"Kami jelas sangat kehilangan akan wafatnya beliau. Beliau kami kenal sebagai sosok yang sangat bersemangat dalam kegiatan umat," kata Wakil Uskup Agung Semarang, Romo FX Sukendar, kepada VIVA.co.id di Gereja Katredal Semarang, Rabu, 11 November 2015.

Romo Pujasumarta wafat di Rumah Sakit Elisabeth Semarang pada Selasa tengah malam, 10 November 2015. Dia meninggal dunia setelah dirawat selama dua bulan di rumah sakit itu akibat kanker paru-paru stadium empat. Jenazah Uskup Pujasumarta akan dimakamkan di Seminari Kentungan, Yogyakarta, pada Jumat siang, 13 November 2015.

Jemaat Katolik memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Uskup Agung Mgr Johannes Maria Trilaksyanta Pujasumarta di Gereja Katedral Semarang pada Rabu, 11 November 2015.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya