Terganggu Abu Bromo, Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup

Gunung Bromo
Sumber :
  • Dokumen TNBTS

VIVA.co.id - Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang ditutup sejak pukul 09.30 WIB, Jumat, 11 Desember 2015. Penutupan ini dilakukan akibat abu erupsi Gunung Bromo.

Gunung Bromo Semburkan Abu Setinggi Satu Kilometer

Bandara menerima Notice To Airmen atau NOTAM dari Air Nav bahwa penutupan belangsung 24 jam sejak pagi ini hingga Sabtu besok, 12 Desember 2015, pukul 09.30 WIB.

"Tujuh dari sembilan penerbangan dibatalkan," kata Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Suharno.

Status Turun, Kaldera Bromo Dibuka untuk Wisatawan

Dua penerbangan yakni, Citilink dan Sriwijaya Air telah mendarat pada Jumat pagi dari Jakarta. Sedangkan tujuh penerbangan lain yang dibatalkan memiliki rute Malang-Jakarta dan satu penerbangan Malang-Bali.

Suharno mengatakan, penutupan ini adalah yang pertama sejak Bromo erupsi dan naik status menjadi Siaga pada 4 Desember 2015. Penumpang yang terdampak akan mengikuti kebijakan dari maskapai masing-masing. "Ini force majeur, beberapa penumpang divert di Surabaya, ada juga yang dikembalikan," kata Suharno.

Bromo Semburkan Abu 1.000 Meter, Ganggu Liburan Imlek?

Kondisi di Bandara Abdulrachman menurutnya, memang bersih dari abu vulkanik. Tak terlihat adanya abu yang turun di sekitar landasan pacu ataupun wilayah bandara yang lain. Namun Suharno menyebut, abu vulkanik berpotensi menghalangi rute pesawat ketika di atas. "Di perlintasan hujan abu berpotensi mengganggu pesawat," ujarnya menambahkan.

Menurut Suharno, selama ini rata-rata okupansi penerbangan mencapai 85 persen dari total kapasitas penumpang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya