Seleksi Hakim Agung

Panitera MA Sareh Wiyono Lolos ke Tahap Tiga

VIVAnews - Komisi Yudisial menyatakan sebanyak 35 calon hakim agung dinyatakan lulus seleksi tahap kedua. Dari 35 kandidat tersebut, terdapat dua nama pejabat Mahkamah Agung, mereka adalah Panitera MA, Sareh Wiyono, dan Sekretaris MA, Rum Nessa.

Ketua Panitia Seleksi Calon Hakim Agung, Mustafa Abdullah, menyatakan para calon yang lolos nantinya akan mulai diinvestigasi. Para calon, diwajibkan menyerahkan tiga rekomendasi tokoh yang mengetahui kepribadian dan intelektualitas calon.

"Investigasi dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung apakah kondisi para calon sesuai dengan berkas yang sudah disampaikan sebelumnya," kata Mustafa Abdullah, di kantor KY, Jakarta, Rabu 1 Juli 2009.

Para calon sudah harus menyerahkan berkas ke panitia paling lambat 17 Juli 2009 pukul 17.00.

Selain itu, lanjut Mustafa, para kandidat juga harus mengikuti tes wawancara yang akan diselenggarakan secara terbuka. "Dalam wawancara kandidat akan dites mengenai penguasaan teori hukum, penguasaan filsafat hukum, kepedulian terhadap masalah hukum yang aktual, dan klarifikasi laporan masyarakat," tutur Mustafa.

Dalam seleksi tahap ke tiga ini, KY akan mencari 18 kandidat yang akan diajukan ke DPR untuk mengikuti fit and proper terst di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya, DPR akan memilih 6 dari 18 kandidat yang diajukan KY untuk mengisi kursi hakim agung yang kosong.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

arry.anggadha@vivanews.com

Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024