Indonesia Timur Jadi Target Gerakan Indonesia Mendidik

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Setelah diluncurkan 13 Desember 2015 lalu di Bunderan Hotel Indonesia, gerakan Indonesia Mendidik menepati janjinya untuk memulai program pendidikan di tempat yang jauh dari ibukota Jakarta.

Mendikbud: Jadikan Sekolah Rumah Kedua Siswa, Bukan Mal

Tim Indonesia Mendidik mengunjungi Kampung Gurimbang , Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan memilih kampung tersebut sebagai kampung pilot project program Indonesia Mendidik.

“Kami mengharapkan tidak ada lagi anak-anak tidak mampu yang tidak mengenyam bangku sekolah, semoga akan lahir generasi yang pernuh inspirasi, bermoral dan memiliki semangat nasionalisme,” ujar Inisiator dan Direktur Eksekutif Indonesia Mendidik Muhammad Yusuf seperti dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu 27 Desember 2015.
Mendikbud: Full Day School Demi Nawa Cita

Indonesia Mendidik diharapkan bisa membuka ruang yang lebih luas bagi anak bangsa untuk terus melanjutkan pendidikan sampai jenjang yang tinggi. Tanpa dibekali pendidikan yang memadai, kata Yusuf, maka  kita tidak akan siap menghadapi globalisasi dan Masyarakat Ekonomi.
Kesempatan Kuliah Bebas Biaya di Inggris

“Sudah barang tentu menjadi suatu hal yang spektakuler bagi Provinsi Kaltim, khususnya Kabupaten Berau. Namun, kedepannya gerakan ini akan merambah seluruh kampung yang ada di Kabupaten Berau,” ujar Koordinator Sahabat Indonesia Mendidik Provinsi Kaltim, Bastian

Deklarator dan Direktur Riset Indonesia Mendidik, Alpha Amirrachman mengatakan bahwa pekerjaan rumah Indonesia di bidang pendidikan sangat besar karena hasil dari Program for International Student Assessment (PISA) pada 2013 menunjukkan Indonesia menempati rangking kedua terendah dari 65 negara yang diberikan test. Alpha menambahkan pada tahun 2045 Indonesia akan memiliki lapisan usia produktif paling besar di Asia Tenggara. 

“Jika tidak kita persiapkan dengan memberikan pendidikan yang memadai, maka lapisan usia produktif itu akan menjadi bencana, bukan menjadi bonus bagi pertumbuhan bangsa ini. Karena itu Indonesia Mendidik akan menjadi salah satu pemangku kepentingan untuk turut menyiapkan 100 ribu generasi emas Indonesia di HUT Kemerdekaan RI ke-100 nanti,” kata Alpha.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya