Jawa Tengah Kini Bersih dari Terompet Alquran

Terompet Alquran di Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Sebanyak 4.276 terompet dari sampul Alquran berhasil disita oleh aparat Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Terompet kontroversial tersebut disita dari jaringan mini market Alfamart di Kendal dan sejumlah wilayah lain.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng, Komisaris Besar Aloysius Liliek Darmanto, memastikan saat ini penyebaran terompet dari Alquran sudah tidak ada lagi di sejumlah mini market di Jawa Tengah.

"Kita sudah berhasil menyita dari Alfamart 1.276 terompet. Ditambah 3.000 terompet sampai sekarang jadi 4.276 terompet. Jadi sekarang di toko Alfamart tidak ada lagi," kata Liliek di Polda Jateng, Semarang, Rabu, 30 Desember 2015.

Selain menyita barang bukti terompet, Polda Jateng juga sudah memeriksa lebih dari 25 saksi di sejumlah Polres di Jawa Tengah. Mereka terdiri atas sejumlah produsen hingga penjual terompet kontroversial tersebut.

Tak hanya itu, polisi juga sudah menyita sebanyak 2,3 ton barang bukti bahan mentah limbah percetakan berupa sampul Alquran. Setelah didalami kasus ini ternyata  tidak ada unsur kesengajaan baik dari produsen maupun penjualnya.

"Pimpinan Polda sudah bertemu dengan ormas Islam, sudah disampaikan ini tidak disengaja. Diharapkan tidak ada dampak negatif," katanya.

Selain itu, Alfamart kini juga sudah menggelar pertemuan dengan ormas-ormas Islam membahas soal terompet tersebut.

"Alfamart sudah ketemu dan menyampaikan ini tidak disengaja dengan harapan tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang membawa dampak bagi keamanan," jelas dia.

Awas, Terompet Bisa Menyebarkan Virus dan Penyakit Berbahaya
Pengurus Majelis Permusyarawatan Ulama Lhokseumawe, Aceh, menunjukkan contoh terompet berbahan baku kertas mushaf Alquran hasil temuan polisi pada Kamis dini hari, 31 Desember 2015.

Terompet Kertas Alquran Dikhawatirkan Picu Konflik

"Tolong hargai kerukunan antarumat beragama."

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2015