Indonesia Luncurkan Roket di Garut

Tahun 2012 Roket dari Garut Itu Bisa Dipakai

VIVAnews - Indonesia berhasil meluncurkan sebuah roket rakitan ke angkasa Kamis pagi, 2 Juli 2009. Peluncuran roket RX-420 itu berlangsung di Garut, Jawa Barat, sekitar pukul 9 pagi.

Staff Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kepada VIVAnews mengatakan, diluncurkan tiga jenis, roket jenis RX 420 satu buah, dan jenis RX 100 berjumlah dua. Menurut dia kedua jenis roket ini merupakan roket terbaru hasil penelitian LAPAN.

Untuk jenis RX 420 diameternya 420 centimeter. "RX 420 ini rencananya akan menjadi roket pendorong rangkaian pengorbit satelit (RPS), jadi ini untuk proyek pelaksanaan pada tahun 2012 nanti," katanya.

Jadi dari mulai sekarang sampai ke tahap pelaksanaan tahun 2012 LAPAN akan terus memperbaiki roket RX 420 ini.

Sementara Juru bicara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Elly Kuntjahyowati, mengungkapkan bahwa peluncuran roket rakitan itu merupakan bagian dari ambisi LAPAN untuk meluncurkan satelit dengan roket produksi dalam negeri pada 2014.

LAPAN, menurut Elly, mengaku senang dengan suksesnya peluncuran roket itu. LAPAN pun berencana memadukan teknologi RX-420 itu dengan teknologi roket yang telah diujicoba tahun lalu untuk meluncurkan satelit pada 2014.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Laporan: Hasan Fadillah | Garut

Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024