Rumah Din Minimi Dijaga Hingga Tiga Lapis Pengamanan

Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id - Rumah Nurdin Ismail alias Din Minimi, pemimpin kelompok bersenjata di Aceh, dijaga ketat. Tetapi, pengamanan bukan dilakukan polisi atau tentara, melainkan para anak buah Din Minimi yang ikut menyerahkan diri kepada aparat.
Bom Rakitan 10 Kg Sisa Konflik Aceh Ditemukan

Rumah Din terletak di Desa Ladang Baro, Julok, Aceh Timur, Aceh. Rumah itu dijaga dan diawasi lebih ketat sejak mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu turun gunung dan berhenti mengangkat senjata pada Senin, 28 Desember 2015.
Partai Aceh: Bendera Bintang Bulan Tak Langgar Hukum

Seorang pekerja media, Fahrizal Salim, mengunjungi rumah Din pada Minggu, 3 Januari 2016. Dia mengatakan bahwa setiap tamu harus melewati tiga lapis penjagaan untuk sampai ke rumah Din.

“Di pos pertama, kita memang dibiarkan lewat begitu saja, namun penjaga (anak buah Din Minimi) langsung mengontak rekannya di pos kedua,” ujar Fahrizal Salim, kepada VIVA.co.id.
Eks Petinggi GAM Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Saudi

Fahrizal juga menjelaskan, untuk menuju ke rumah Din, para tamu harus menempuh jarak sekira 100 meter hingga 200 meter dengan berjalan. Kendaraan bermotor wajib diparkir di pos kedua, kemudian harus berjalan.

“Dari pos kedua, kita diminta jalan kaki, tidak boleh naik kendaraan lagi, baik mobil maupun sepeda motor. Dari situ jalan kaki dengan jarak sekitar 100-200 meter lebih,” katanya.

Di pos terakhir di dekat rumah Din, para tamu diminta berhenti lalu diperiksa satu per satu. Para penjaga juga memeriksa setiap barang bawaan pengunjung yang akan masuk ke rumah Din. Namun, kata Fahrizal, para penajaga itu tidak terlihat memegang senjata api.

“Tidak ada yang memegang senjata api. Para penjaga sepertinya melakukan sistem shift (berjaga bergantian), mereka menyebut posnya pagar. Tulong jaga pageu at, loen nak tubit siat (tolong jaga pagar, saya mau keluar sebentar),” ujar Fahrizal, menirukan gaya anak buah Din Minimi saat hendak bergantian jaga.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya