Indonesia Luncurkan Roket di Garut Hari Ini

Kecepatan Roket 4 Kali Kecepatan Suara

VIVAnews - Menristek Kusmayanto Kadiman menyatakan, bahwa peluncuran roket, pagi tadi, Kamis 2 Juli 2009 di Garut merupakan roket buatan LAPAN terbesar di Indonesia, yang menggunakan bahan protelan terbesar dari roket-roket sebelumnya.

Menurut dia, daya jelajah roket RX 420 dapat mencapai 100 kilometer. "Bila melesat, 4 kali kecepatan suara," kata Kusmayanto Kadiman.

Uji coba roket ini, untuk menguji ujung roket menembus daerah subsonik dan supersonik. Karena di daerah tersebut suhunya bisa mencapai 1200 derajat celcius.

Bahan roket yang digunakan murni dari bahan sumber daya yang ada di Indonesia, tidak menggunakan bahan baku impor.

Hal itu, untuk mencegah terjadinya embargo. "Kalo begitu kita bisa memproduksi roket setiap saat tidak tergantung negara lain,"

Menurut juru bicara LAPAN, roket ini sebelumnya pernah di lakukan uji caba, dan pada tahun 2010, LAPAN akan melakukan uji coba RX 240, dilakukan dengan dua tingkat.

Hal itu, karena nantinya RX 420 akan ditempatkan di sisi kiri dan kanan dalam meluncurkan satelit angkasa. Rencananya roket yang akan digunakan untuk meluncurkan satelit itu terdiri dari empat tingkat, terdiri dari RX 320 yang telah dilakukan uji cobanya pada 2008 lalu.

"Keempat roket itu mudah-mudahan dapat mendorong satelit menuju jarak 3600 kilometer," tuturnya.

Laporan: Hasan Fadillah | Garut

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih
Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024