Terduga Teroris di Lampung Terkait Jaringan Santoso

Densus 88 antiteror
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi
VIVA.co.id
Tiga Menyerah, Kelompok Santoso Tersisa 16 Orang
- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol. Agus Rianto mengatakan, terduga teroris berinisial ES yang ditangkap di Lampung, diduga terkait dengan jaringan kelompok teroris Santoso di Poso, Sulawesi Tengah.

Polisi: Moril Kelompok Santoso Mulai Jatuh
"Yang bersangkutan ikut pelatihan dengan kelompok Santoso di Poso," kata Agus di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Februari 2016.

Satgas Tinombala Tetap Tunggu Kelompok Santoso Turun Gunung
Menurut Agus, posisi yang bersangkutan bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) sebagai anggota. "Pada saat sebelum dilakukan penangkapan, saat pelarian fai (merampas harta milik orang lain yang dianggap kafir) bergabung dengan Santoso. Dia selalu berpindah-pindah," ujarnya menambahkan.

Tak hanya bergabung dengan kelompok teroris di Poso, ES juga terlibat dengan organisasi kelompok radikal di Bima, Nusa Tenggara Barat. "Yang bersangkutan juga bergabung dengan kelompok dalam Mujahid Bima," katanya menjelaskan.

Jenderal bintang satu ini menambahkan, saat ini, ES terlibat dalam kegiatan fai yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan bergabung dengan teroris kelompok Mujahidin Indonesia Barat (MIB) bikinan Abu Roban.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya