LAN: Pejabat Eselon I Harus Siap Tangani Isu Strategis

Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA.co.id – Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Adi Suryanto mengatakan akan memperkuat birokrasinya untuk bisa menyiapkan pejabat menghadapi perkembangan nasional, regional dan internasional yang dinamis. Pejabat struktural kata dia harus bisa menangani isu-isu yang strategis.

Jokowi Lantik Empat Gubernur dan Dua Wakil Gubernur

"Salah satu unsur birokrasi pemerintah adalah pejabat struktural yang dituntut mampu memainkan peranan dalam menangani isu-isu strategis," kata Adi dalam pembukaan Diklatpim Tingkat I dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Diklat yang Terakreditasi Tahun 2016 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 10 Februari 2016.

Untuk menyiapkan pejabat yang siap menangani isu strategis, maka LAN sudah melakukan reformasi dalam program pendidikan dan pelatihan eselon 1 sejak tahun 2013.

Presiden Jokowi Lantik Gubernur Lemhanas Agus Widjojo

"Sudah menjadi tugas pejabat struktural eselon I untuk meningkatkan kinerja sektor yang dipimpinnya. Tugas ini menuntutnya memiliki kemampuan yang tinggi dalam memimpin pejabat struktural dan fungsional di bawahnya," katanya.

Ia menjelaskan kompetensi yang dibangun dalam pendidikan dan pelatihan Tingkat I adalah kompetensi visioner. Para pejabat eselon tingkat I harus bisa memiliki kemampuan  berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menangani isu nasional strategis maupun yang berkaitan dengan luar negeri.

Dilantik, Bupati Konawe Selatan Diingatkan Utang Politik

LAN mengadakan Diklatpim Tingkat I yang diikuti 30 peserta. Mereka berasal dari kementerian sebanyak 4 orang, dari Kejaksaan Agung 2 orang, dari Dewan Ketahanan Nasional 1 orang, dari Mahkamah Konstitusi 1 orang, dari Kepolisian 5 orang dan dari Pemerintah Provinsi 5 orang serta 12 orang dari lembaga pemerintah nonkementerian.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana

Pelantikan Pejabat di Pemkab Kediri, Mas Dhito Tekankan Pentingnya Loyalitas dan Kejujuran

Hal ini disampaikan saat acara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural dan kepala UPTD Puskesmas di Ruang Jayabaya Pemkab Kediri, Jumat (1/12/2023).

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023