PDIP Menang Besar di Jateng, Mega Akan Hadiri Pelantikan

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, dijadwalkan menghadiri pelantikan bupati/wali kota se-Jawa Tengah di Semarang pada Rabu, 17 Februari 2016. Sejumlah petinggi partai politik dijadwalkan juga akan hadir dalam kesempatan itu.
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rahmadi mengatakan, selaku tuan rumah pelantikan 17 kepala daerah di Jawa Tengah, pihaknya memang mengundang semua petinggi partai politik.
Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

"Kita undang semuanya. Termasuk Bu Mega (Megawati) yang sedang kita konfirmasi kedatangannya," kata Sinung di Semarang, Selasa, 16 Februari 2016.
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

Dia berharap, kedatangan para tokoh nasional akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan prosesi pelantikan, terutama agar para kepala daerah menjadi termotivasi untuk sungguh-sungguh bekerja demi rakyat.

Pelantikan itu didukung pengamanan ketat personel TNI/Polri dan aparat Satpol PP. Mereka disiagakan di titik-titik rawan di kawasan pusat Kota Simpang Lima.

"Kita juga sudah mengantisipasi dini ancaman teror dengan melibatkan masyarakat. Seluruh elemen masyarakat yang peduli dan simpati akan ikut menanggulangi aksi teror saat acara tersebut."

Pelantikan itu diikuti 17 pasangan bupati dan wali kota hasil Pilkada serentak tahun 2015 di Jawa Tengah. Masing-masing adalah Kota Surakarta, Purworejo, Kebumen, Purbalingga, Rembang, Blora, Wonosobo, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Boyolali, Wonogiri, Pemalang, Kendal, Kota Pekalongan, Sukoharjo, Klaten, dan Kota Magelang.

Pelantikan diramaikan gelaran pesta rakyat yang terbuka bagi seluruh warga Jawa Tengah. Warga yang hadir, baik di Semarang maupun luar Semarang, dapat menikmati beragam kuliner secara gratis.

"Selain kuliner, akan ada pameran produk unggulan kabupaten/kota masing-masing. Intinya pesta rakyat ini agar warga merasakan langsung kemenangan Pilkada pada akhir 2015 lalu," kata Sinung.

Kedatangan Megawati dalam pelantikan kepala daerah Jawa Tengah memang beralasan, karena Jawa Tengah adalah basis utama PDIP. Bahkan, dari 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2015, ada 14 daerah yang dimenangkan PDIP dan koalisinya. Masing-masing adalah Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Pekalongan, dan Kota Surakarta. Kemudian Kabupaten Semarang, Demak, Grobogan, Wonogiri, Boyolali, Klaten, Purbalingga, Pekalongan, Pemalang, dan Sukoharjo.

Sementara dari 14 kepala daerah asal PDIP, baru 11 kepala daerah yang akan dilantik besok. Khusus Kabupaten Pekalongan, Demak dan Grobogan akan dilantik setelah Februari 2016, karena masa jabatan kepala daerah di tiga wilayah itu berakhir pertengahan tahun ini.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya