Tiga Kali Mencalonkan, Raja Ini Akhirnya Jadi Bupati

Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas dan Fahry Husni Alkatiry, seusai dilantik pada Rabu, 17 Februari 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Angkotasan
VIVA.co.id - Gubernur Maluku resmi melantik empat kepala daerah di provinsi itu pada Rabu, 17 Februari 2016. Masing-masing adalah Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya, Aru, dan Buru Selatan.
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, sudah tiga kali mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah di Bumi Ita Wotu Nusa, julukan adat bagi kabupaten itu.
Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Setelah bekerja keras dalam Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 lalu, dia dan wakilnya yang diusung Golkar, Gerindra, PKS dan PPP terpilih. Mereka mengalahkan pasangan Siti Umuriyah Suruwaky- Syarifudin Goo.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit

Abdul Mukti Keliobas adalah raja (pimpinan adat tertinggi) di Amarsekaru. Secara adat, kekuasaan Abdul Mukti Keliobas meliputi Kecamatan Pulau Gorom, Pulau Batik, dan beberapa wilayah di daratan Pulau Seram.

Sebagai seorang raja yang masa berakhirnya tak dibatasi waktu, Abdul Mukti Keliobas punya tanggung jawab sangat besar. Dia tak hanya mengurusi urusan negara secara adminitratif tapi juga soal budaya dan ritual adat di bawah wilayah kekuasaannya.

Sebelum maju dalam Pilkada, Abdul Mukti Keliobas adalah anggota DPRD Seram Bagian Timur dari Fraksi Partai Golkar selama dua periode. Abdul Mukti juga pernah menjadi Ketua DPRD Seram Bagian Timur selama satu periode. Saat ini, Abdul Mukti Keliobas juga menjabat Ketua Partai Golkar Seram Bagian Timur.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya