Pemerintah Diminta Tinjau Ulang Usulan Perubahan BNPB

Kepala BNPB Willem Rampangilei
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rebbeca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei meminta, pemerintah dan masyarakat meninjau kembali usulan diubahnya bentuk BNPB menjadi dinas pada tingkatan pemerintah provinsi (Pemprov) atau pemerintah daerah (Pemda).

Sudah Setahun Gunung Sinabung Terus Meletus

"Lihat dulu gagasan dan sasaran mengenai pengubahan BNPB menjadi dinas penanggulangan bencana. Pastikan apakah perubahan ini bersifat urgent atau tidak," kata Willem di kantor BPNB, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2016.

Usulan perubahan BNPB menjadi dinas sempat dibicarakan saat rapat koordinasi nasional (Rakornas) BNPB,  Febuari lalu. Jika hal ini dilakukan, menurut dia, akan terjadi banyak cultur shock, mengingat banyaknya perubahan yang akan terjadi dalam segala aspek suatu organisasi.

BNPB Deteksi Peningkatan 151 Hotspot Kebakaran Hutan

"Kalau perubahan ini disetujui maka akan banyak terjadi nomenklatur soal penyaluran anggaran, masalah budaya, SDM (sumber daya manusia), dukungan politik, kapasitas institusi hingga ke anggaran dan penyalurannya," ujarnya menambahkan.

Dengan keikutsertaan BNPB, dia menuturkan, Indonesia saat ini sudah banyak menempati posisi terpandang di ranah dunia serta organisasi internasional, seperti ketua ASEAN Committee on Disaster Management (ACDM), ketua Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM) dan ketua  Konferensi ASEAN Agreement on Disaster Management.

Satu Keluarga Terpisah dan 24 Ribu Jiwa Terdampar

(mus)
 

Ilustrasi/Banjir di Aceh

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Total korban meninggal akibat bencana mencapai 267 orang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016