Gempa Mentawai

Ini Daerah di Sumbar yang Rawan Tsunami Gempa Mentawai

Gempa Mentawai.
Sumber :
  • USGS

VIVA.co.id - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengimbau masyarakat di pesisir pantai barat Sumatera untuk waspada potensi tsunami yang terjadi akibat gempa di Kepulauan Mentawai.

Gempa Susulan Melanda Jepang, Warga Mengungsi
Dia mengatakan, gempa di sebesar 7,8 skala richter tersebut terasa hampir di seluruh daerah di Sumatera Barat.  
 
Pemerintah Indonesia Bersimpati atas Gempa Myanmar
"(Imbauan) Pertama tenang, segera keluar rumah cari tempat evakuasi. Tapi kami harapkan tidak terjadi tsunami," ujarnya ketika diwawancarai tvOne, Rabu, 2 Maret 2016. 
 
Gempa 6 SR Guncang Filipina Selatan, 3 Terluka
Dia mengatakan, potensi terbesar terjadinya tsunami berada di Kepulauan Mentawai. sementara itu di pesisir pantai Sumatera Tsunami berpotensi sampai ke Kota Padang, Pariaman dan Agam. 
 
"Namun kami pantau dari pusat pemantauan gempa di Padang mengatakan, potensi tsunami tidak terjadi sampai ke pantai Padang. Sementara di Mentawai sudah kami kontak di sana belum terhubung, mudah-mudahan tidak sampai," tuturnya. 
 
Lebih lanjut dia berharap, tsunami tersebut tidak terjadi, dan masyarakat menerapkan mitigasi bencana yang selama ini telah disosialisasikan oleh pemerintah daerah. Sehingga risiko adanya korban dapat diminimalisir. 
 
"Ya kami sudah koordinasi dengan Walikota, dan korrdinasi langsung ke aparatnya ke bawah. Mudah-mudahan mitigasi yang kami buat selama ini berjalan dengan baik," katanya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya