Gempa Mentawai

BNPB: Tak Ada Korban Jiwa Akibat Gempa Mentawai

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.
Sumber :
  • Antara/ Irsan Mulyadi

VIVA.co.id - Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, memastikan tidak ada korban dari gempa sebesar 7,8 skala richter di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu, 2 Maret 2016. Risiko tsunami juga dikatakan sangat kecil terjadi. 

147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa
Bahkan menurutnya, Badan Metereologi Klomatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mencabut peringatan potensi tsunami yang diumumkan di beberapa daerah terdampak gempa tersebut. 
 
Gempa 5,6 SR Guncang Dompu, NTB
"Tidak ada korban jiwa, tidak ada laporan kerusakan dan tidak ada tsunami. Di beberapa daerah sudah mencabut peringatan tsunami. Artinya bisa kembali ke rumah, tapi ada yang masih mengungsi," ujar Sutopo ketika diwawancarai tvOne
 
Garut Diguncang Gempa
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di beberapa daerah terdampak, kata dia, sudah siap mengantisipasi apabila terjadi gempa susulan. Posko-posko evakuasi pun sudah disiapkan. 
 
Sutopo mengapresiasi respons cepat masyarakat untuk mengantisipasi bencana lanjutan yang berisiko terjadi. 
 
"Jadi masyarakat langsung merespons sirine, mereka mengungsi evakuasi di selter yang sudah kami bangun maupun memanfaatkan gedung-gedung bertingkat," kata Sutopo.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan, berdasarkan laporan, kepanikan warga memang sempat terjadi di beberapa kota, khususnya di kota Padang hingga menimbulkan kemacetan. Namun kondisi saat ini sudah mulai terkendali. 
 
"Tadi kami mendapat laporan BMKG sudah mencabut potensi tsunami di 15 daerah," tegasnya. (ase)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya