Pasukan Ini Jadi Andalan TNI Halau Musuh Negara

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT OKI ke-5 di Silang Monas, Selasa 1 Maret 2016
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo memimpin upacara serah terima alih Komando dan Pengendalian (Kodal) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2016, dari Divisi Infanteri-2/ Kostrad, Mayjen TNI Ganip Warsito kepada Panglima Divisi Infanteri-1/Kostrad, Mayjen TNI Sudirman.

Jadi Komandan Pasukan Elite, Mayor Kostrad TNI Jalan Kaki 5 Kilometer

Upacara serah terima dilaksanakan di Taxi Way Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis, 3 Maret 2016.

"PPRC TNI merupakan komando tugas gabungan TNI yang dibentuk secara khusus dengan tugas melaksanakan tindakan reaksi cepat, terhadap berbagai ancaman yang terjadi dalam rangka menangkal, menyanggah awal dan menghancurkan musuh yang mengganggu kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Gatot saat memberikan pengarahan dalam upacara.

Aksi Nekat Prajurit TNI AD Terjun ke Laut Demi Selamatkan Nyawa Manaf

Dalam pelaksanaan tugas pokoknya, PPRC TNI memiliki fokus pada kekuatan wilayah darat guna melaksanakan operasi sendiri ataupun membantu pelaksanaan operasi komando operasional TNI lainnya.

"Pada tugas operasi militer untuk perang, PPRC TNI memiliki tugas menahan dan mendisorganisir kekuatan musuh atau lawan di wilayah darat tertentu, menghancurkan atau mencegah infiltrasi musuh atau lawan," ungkap Panglima.

Innalillahi, Prajurit TNI Terbaik Kodam Siliwangi Meninggal Dunia

Sementara pada operasi militer selain perang, PPRC TNI miliki tugas sebagai penindak awal, mencegah meluasnya gerakan separatis pengacau bersenjata, dan melaksanakan penindakan terhadap terorisme bersenjata dalam batas kemampuan PPRC.

VIVA Militer: Prajurit Kopaska Koarmada III lakukan penyusupan ke titik lawan

Aksi Pasukan Katak Koarmada III Menyusup ke Jantung Pertahanan Lawan di Pulau Senapan Papua

Aksi ini dilakukan dalam Latihan Peperangan Laut Khusus atau Naval Special Warfare yang digelar oleh Satkopaska Koarmada III TNI AL

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2023