Nikmati Sensasi Gerhana Matahari Total di Pantai Firdaus

Ilustrasi/Gerhana matahari total.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Sulawesi Utara hanya akan dilintasi gerhana matahari sebagian dari fase gerhana matahari total yang melintas di wilayah Indonesia pada Rabu 9 Maret 2016.

Jangan Panik Jika Siang Nanti Langit Mendadak Berubah Malam

Menurut catatan BMKG Stasiun Geofisika Manado, ada beberapa titik yang menjadi lokasi yang strategis untuk menyaksikan fenomena ini. Salah satunya di Pantai Firdaus, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara.

"Perkiraan posisi paling bagus untuk melihatnya adalah di sepanjang pesisir pantai bagian Timur (Sulut) yang menghadap arah timur," ujar Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Manado, Christine Tulangouw, Sabtu 5 Maret 2016.

Mitos Seputar Gerhana Matahari Total, Hanya 1 yang Benar

Dia menyebutkan, memang, kontak awal gerhana matahari sebagian ini, akan mulai terjadi di wilayah Bolang Mongondow Selatan, tepatnya di Posigadan pada pukul 07.31 WITA, kemudian gerhana tersebut akan makin ke arah Timur.

Menurutnya, pesisir pantai wilayah Timur Sulut pun menjadi tempat paling strategis menikmati sensasi gerhana matahari total karena kontak awal itu berada di ketinggian 25 derajat hingga kontak akhir sekitar 65 derajat. Pantai Firdaus Kema, dan Pantai Pal akan banyak dikunjungi orang saat fenomena tersebut.

Penampakan Hilal Terpengaruh Gerhana Matahari Total

"Jadi, kalau kita melihat dari daerah yang berada di bagian barat terutama Manado, kalau melihat ke arah Timur masih ada gugusan pegunungan Klabat, juga daerah Minahasa," kata Christine.

Perkiraannya, kemungkinan di atas pegunungan masih ada peluang terbentuknya awan yang bisa menghalangi penampakan matahari meski tak terhalang bentangan alam.

"Kami sarankan bagi masyarakat yang ingin melihat sebaiknya melihat dari pantai-pantai yang berada di pesisir bagian timur Sulut ini, salah satunya ya di Pantai Firdaus tadi," ujarnya.

Gerhana matahari sebagian ini nantinya akan berlangsung beberapa jam, antara lain paling lama berada di Pulau Marampit Kabupaten Kepulauan Talaud dengan durasi dua jam 44 menit 42 detik, dan yang paling cepat hanya selisih lima menit 13 detik, yakni di Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan durasi dua jam 38 menit 29 detik.

BMKG mendata ada 19 daerah di Sulut yang menjadi titik untuk bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian. Selain Miangas dan Posigadan, juga bisa dari Boroko, Lolak, Kotamobagu, Tutuyan, Amurang, Belang, Tomohon, Megamas Kota Manado, Pantai Firdaus Kema, Lembeh Selatan, Bitung, Pantai Pal Likupang, Tagulandang, Ulu Siau, Tahuna, Melonguane dan Pulau Marampit. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya