Menteri Yasonna: Ada Ribuan Imigran Afganistan di Indonesia

Ilustrasi/Imigran asal Afganistan
Sumber :
  • REUTERS / Ognen Teofilovski

VIVA.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly menyebut, saat ini ada belasan ribu Afganistan yang kini bertahan di Indonesia.

TNI AL Bongkar Jalur Tikus Masuknya Imigran Ilegal

"Imigran asing yang datang ke Indonesia yang terbanyak itu dari Afganistan. Di Indonesia itu sekitar 14 ribu imigran asing dari Afganistan,” ujar Yasonna di Pontianak, Minggu 6 Maret 2016.

Menurut Yasonna, kehadiran para imigran itu menjadi hal yang memprihatinkan bagi Indonesia selaku negara penampung. Meski begitu, Indonesia akan tetap berupaya memberikan pelayanan yang baik terhadap para imigran tersebut.

DPR Kritik Pemerintah dan Pemprov DKI yang Telantarkan Pengungsi

"Ini persoalan warga negara asing, tapi soal kemanusian. Kita harus memperhatikan mereka," katanya.

Untuk diketahui, salah satu alasan para pencari suaka memilih Indonesia sebagai negara transit, karena RI memiliki posisi yang strategis. Rata-rata para pencari suaka ingin menuju ke Australia dan Selandia Baru. 

AS Tak Akan Berikan Status Penduduk Tetap ke Imigran Penerima Bantuan

Bentuk negara Indonesia yang terdiri atas puluhan ribu pulau, menyebabkan para imigran masuk dan keluar dari berbagai titik. Namun, dari beberapa kasus, para imigran tertangkap masuk ke Indonesia melalui jalur darat, yaitu dari Malaysia, kemudian masuk melalui Pulau Sumatera. 

WNA Asal China Ditahan Imigrasi Jakarta Selatan

Indonesia Diserbu Imigran China, Cek Faktanya

Beredar postingan video rekaman radar yang diklaim sebagai iring-iringan pesawat berisi imigran asing asal China.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2021