Pekan Imunisasi Nasional, Pemerintah Sasar Lima Juta Bayi

Pekan Imunisasi Nasional di Solo
Sumber :

VIVA.co.id – Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio dicanangkan hari ini di Solo, Selasa, 8 Maret 2016. Program ini dinilai sebagai salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan

Terpopuler: Ramalan Zodiak hingga Vaksin Polio Tidak Sebabkan Kematian Bayi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan, Pekan Imunisasi Nasional Polio merupakan bagian dari perjuangan besar seluruh umat manusia untuk memerangi penyakit dan virus polio.

"Dengan imunisasi polio, pemerintah ingin menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas yang bebas dari cacat tubuh karena penyakit polio," kata Puan, Selasa, 8 Maret 2016.

Menkes: Cakupan Imunisasi Polio di Aceh Termasuk Rendah

Menurutnya, program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan, utamanya dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi atau PD3I. Sasaran program itu mencakup 5 juta bayi di seluruh Indonesia.

“Hari ini dilaksanakan pencanangan sebagai tanda dimulainya Pekan Imunisasi Nasional Polio yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 8–15 Maret 2016 di seluruh Tanah Air, kecuali Provinsi Bali. Sasaran kegiatan PIN adalah anak usia 0–59 bulan (balita), yang merupakan kelompok paling rentan untuk tertular penyakit polio,” kata Puan menambahkan.

Rincian Tanggal dan Wilayah Imunisasi Polio Massal di Aceh

Kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya mitigasi dalam memberikan perlindungan optimal dari penyakit polio di Indonesia. Hal yang tidak kalah penting adalah untuk selalu mempertahankan cakupan imunisasi rutin dengan target cakupan imunisasi polio di atas 95%.

“Melalui Pekan Imunisasi Nasional, semua anak balita diberi imunisasi tambahan polio, agar mereka kebal terhadap penyakit polio. Kita berharap melalui PIN Polio sekarang ini, Indonesia dapat mempertahankan status bebas polio dan berkontribusi dalam mewujudkan dunia bebas polio pada tahun 2020,” ujarnya.

Mengingat  pentingnya keberhasilan PIN Polio bagi kesehatan anak-anak generasi penerus, Menko PMK mengimbau agar semua pihak dapat melakukan upaya dan memberikan dukungan bagi kesuksesan PIN Polio ini.

“Saya serukan agar semua anak balita Indonesia di seluruh Tanah Air dibawa ke Pos PIN yang terdekat untuk memperoleh tetesan vaksin polio."

Acara pencanangan PIN Polio, juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek. Usai sambutan, Ibu  Negara bersama Menko PMK dan Menteri Kesehatan meneteskan vaksin kepada anak. Terlihat Ibu Negara Iriana menggendong salah satu anak, yang kemudian diteteskan vaksin oleh Menko PMK Puan Maharani.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya