Nasehat Wakil Ketua MPR Kepada Para Mahasiswa

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin
Sumber :

VIVA.co.id – Dunia perguruan tinggi Indonesia memiliki tantangan yang sangat besar. Mereka harus mengejar ketertinggalannya dari perguruan tinggi luar negeri. Karena sampai saat ini belum ada satupun universitas di Indonesia, bisa menembus peringkat 600 perguruan tinggi dunia.

Niai-nilai dalam Pancasila Harus Diperjuangkan Bersama

Padahal banyak anak-anak dan mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Mereka kerap memenangkan olimpiade ilmu pengetahuan, baik regional maupun internasional.  Mereka hanya butuh fasilitas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI  H. Mahyudin ST. MM saat membuka dan menjadi pembicara kunci pada acara Sosialisasi Empat Pilar dihadapan peserta seminar nasional pendidikan ekonomi. Acara tersebut berlangsung di Kampus B, Universitas Muhammadiyah Profesor Hamka, Pasar Rebo Jakarta Timur  pada Jumat 18 Maret 2016.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Dipusatkan di Bandung

Ada dua tema yang dibahas dalam seminar tersebut, yaitu Meraih Pendidikan Tinggi Dikancah Internasional dan Arah Perekonomian Indonesia pada Era MEA.

Untuk mengejar ketertinggalannya, kata Mahyudin mahasiswa harus berorientasi pada riset dan kompetisi. Termasuk melakukan riset agar menemukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Bukan berorientasi jadi sarjana saja, karena hanya akan menambah jumlah pengangguran.

Jalan Ini Akan Ditutup Saat Jokowi Peringati Pancasila

"Salah satu caranya, skripsi itu dilakukan berdasar riset, sehingga menghasilkan manfaat, bukan skripsi yang judul dan temanya itu-itu saja, apalagi mencontoh orang lain,” kata Mahyudin menambahkan.

Berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kata Mahyudin memberikan peluang dan tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Kalau tidak bersegara disiapkan, niscaya Indonesia bakal jadi pasar bagi produk negara lain. Namun, jika dimanfaatkan, MEA juga bakal jadi peluang besar bagi Indonesia menguasai Asia dan dunia melalui pintu Asean.   (rin)

Pancasila

Pesan Menteri Desa kepada Santri

Pancasila menjadi dasar NKRI dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2016