Komik Anti-Islam Ala Charlie Heboh di Indonesia

Komik Charlie Heboh yang mirip dengan suratkabar satir Charlie Hebdo di Paris Prancis. Diduga komik ini telah beredar di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebook

VIVA.co.id – Sebuah komik satir bernama disebut beredar di Jakarta. Majalah yang serupa dengan surat kabar mingguan kontroversial terbitan Prancis ini mengusung antireligius dan mengaku melawan radikalisme di agama Islam.

Selidiki Charlie Heboh, Polri Minta Pendapat Ahli

Mengutip dari laman Facebook yang diunggah perdana pada Jumat, 1 April 2016, edisi perdana menampilkan gambar muka yang vulgar.

Dalam gambar itu terlihat seorang pria berjanggut terlihat sedang memperkosa seorang anak kecil yang disimbolkan dengan perempuan berambut kepang lengkap dengan tas sekolah dan sebuah boneka.

Masyarakat Jangan Terpancing Majalah Charlie Heboh

"Ana cuma menjalankan sunnah nabi," ucap pria yang ditampilkan dalam laman sampul seperti dikutip VIVA.co.id, Minggu, 3 April 2016.

Berita Terkait:


Masyarakat Diminta Tak Terprovokasi 'Charlie Heboh'

Belum diketahui persis di mana komik yang mengaku sengaja banyak membahas radikalisme agama Islam tersebut diproduksi dan dipasarkan.

Namun, merujuk ke gambar yang dipajang di laman fanpage Facebook sepertinya sengaja ditaruh di pajangan buku-buku yang dijual.

"Kami sudah menaruh beberapa sample di beberapa toko buku terkemuka di Jakarta. Untuk kota lain belum ada. Silakan memburu edisi perdana kami dan membaca isi di dalamnya sebelum meluapkan amarah," tulis .

Di linimassa Twitter, kemunculan langsung menuai kecaman. Sejumlah netizen mendesak agar pengunggah dan penerbit diusut kepolisian.

Hingga kini, kemunculan tetap menjadi misteri. Tak diketahui jelas bagaimana bentuk fisik dari komik anti-Islam ini jika memang beredar di pasaran. Kepolisian juga belum menyatakan sikap soal beredarnya komik kontroversial yang bisa memicu konflik ini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya