Kapal Asing Peserta Latihan Komodo Tiba di Teluk Bayur

Persiapan TNI menghadapi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK)
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Menjelang pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo di Padang, Sumatera Barat pada 12 April 2016 mendatang, sejumlah kapal perang asing peserta kegiatan tiba di Perairan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, Minggu, 10 April 2016.
 
Dalam siaran pers TNI yang diterima VIVA.co.id, Minggu 10 April 2016, MNEK merupakan kegiatan TNI Angkatan Laut bertaraf internasional yang diselenggarakan pada 12 sampai 16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai. 

Terpopuler: 3 Negara Musuh AS Latihan Perang Bareng, Penampakan Banjir Bandang Grobogan

Kegiatan ini terdiri dari International Fleet Review (IFR) 2016, 15th Western Pacific Naval Symposium (WPNS),  dan 2nd Multilateral Naval Exercise Komodo.
 
Kegiatan tersebut akan diikuti kekuatan Angkatan Laut dari 35 negara. Dalam latihan ini, Angkatan Laut dari negara-negara berbeda secara historis akan bekerjasama menjalankan kegiatan dengan skenario latihan misi bantuan kemanusiaan seperti Medical Civic Action Project (Medcap) dan Engineering Civic Action Project (Encap), serta latihan dalam Maritime Peace Keeping Operation (MPKO).

Rencananya, pada rangkaian acara Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Presiden akan menandatangani Monumen Perdamaian, kegiatan kunjungan ke kapal perang, lomba dayung antar negara, sepak bola pantai, festival kuliner Marandang di pantai Cimpago. 

Dua Torpedo Kapal Selam TNI AL Berhasil Hancurkan Kapal Musuh di Perairan Sapudi

Selain itu, kirab kota dengan maskot masing-masing negara, funbike oleh delegasi WPNS, dan promosi kebudayaan dan kuliner Indonesia.
 
Sementara itu, di Mako Lantamal II, Padang, Sumatera Barat, para personel TNI AL terus melaksanakan gladi agar jalannya acara Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 berlangsung sukses. (ase)

VIVA Militer: Potret Kebersamaan Tentara Amerika dan Korea Selatan

Siaga Ancaman Korut, AS-Korsel Gelar Latihan Militer Besar-besaran di Semenanjung Korea

Korea Selatan (korsel) dan Amerika Serikat (AS) pada hari Senin memulai latihan militer tahunan yang besar untuk mempersiapkan keadaan darurat di Semenanjung Korea itu.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024