Ditjen Pemasyarakatan: Tak Masalah Rio Capella Mampir Makan

Patrice Rio Capella Ditahan KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Video amatir mirip mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, beredar di media sosial bersamaan saat yang bersangkutan dipindahkan dari tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu sore, 20 April 2016. Rio Capella dieksekusi lantaran putusannya telah berkekuatan hukum tetap.

KPK Kirim Politisi Nasdem ke LP Sukamiskin

Terkait adanya dugaan Rio Capella sempat mampir di sebuah rumah makan saat akan dibawa ke LP Sukamiskin, Kabag Humas Ditjen Lapas, Akbar Hadi Prabowo mengakui tidak mempermasalahkan hal itu. Namun dengan alasan-alasan tertentu.

Menurut Akbar, berdasarkan alasan kemanusiaan, seorang tahanan diperbolehkan untuk mampir ke suatu tempat, misalnya untuk makan atau ke toilet.

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

"Iya fleksibel, memang sih sedapat mungkin itu (pemindahan tahanan) tidak terpublikasi. Tapi kan itu berusaha sembunyi, tidak berusaha menyampaikan. Yang jelas selama masih jalurnya, ya tidak masalah," kata Akbar saat dihubungi, Rabu 20 April 2016.

Akbar mengatakan bahwa dalam pengawalan tahanan untuk dipindahkan memang diperlukan strategi. Salah satunya adalah untuk menghindarkan tahanan dari publikasi. Namun, dia menyatakan bahwa tahanan bisa saja diperbolehkan untuk mampir dengan alasan kemanusiaan.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

"Kan yang penting itu, tidak lari, masih relevan lah," kata Akbar.

Akbar menambahkan, saat ini Rio Capella telah sampai di Lapas Sukamiskin. "Sudah kami terima, dicek kesehatannya, kemudian di-BAP serah terima, terus kemudian didaftar dalam registrasi. Sekarang menjalani masa awal pengenalan lingkungan," ujarnya.

Patrice Rio Capella Ditahan KPK

Video Mirip Rio Capella Mampir Makan Saat ke LP Sukamiskin

Rio Capella hari ini resmi dipindahkan tahanannya ke Lapas Sukamiskin.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2016