Pasar Pakaian Bekas di Medan Ludes Terbakar

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id - Sedikitnya, enam unit kios di kawasan Pasar Melati di Jalan Flamboyan Raya, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara, ludes terbakar Senin dini hari, 25 April 2016. Saksi mata melihat, awalnya api terlihat dari sebuah kios menjual makanan di bagian depan pasar.

Pasar Aksara di Medan Terbakar

Dengan hitungan cepat, si jago merah langsung berkobar dan merambat ke kios lainnya. Akibatnya, enam unit kios terbakar dan nyaris rata dengan tanah.

Pemilik yang kiosnya ikut terbakar, Cahaya Sembiring menuturkan, api dengan cepat membakar tempat usahanya bersama lima kios lainnya. Sehingga, ia tidak bisa menyelamatkan sebagian barang dagangannya dari kobaran api itu.

Kebakaran Pasar Terbesar di Malang Padam setelah 12 Jam

"Dari kios Bakso Moro Senang, aku nampak (api) tadi. Barang enggak ada yang selamat dikeluarkan saat terbakar," ungkap Cahaya di lokasi kebakaran.

Dia bersama keluarganya tinggal tak jauh dari kiosnya. Sedangkan lima kios lagi dalam keadaan terkunci, saat terjadi kebakaran dan tidak diketahui pemiliknya. Dampaknya, enam kios terbakar itu, sebagian barang dagangannya tidak bisa terselamatkan lagi.

Lebih 8 Jam Kebakaran Pasar Terbesar di Malang Belum Padam

"Saya sedang di luar rumah, lihat ada api langsung saya dobrak kios bakso itu. Tetapi, api langsung membesar dan tidak bisa padamkan. Saya keluar kembali," tuturnya.

Belum diketahui, apa penyebab kebakaran tersebut. Namun, untuk menjinakan si jago merah, petugas kebakaran dari Dinas Pencegahan dan Pemadaman (DP2K) Kota Medan menerjunkan 12 unit armadanya di pasar yang dikenal menjual pakaian bekas di kota Medan ini. Setelah menelan waktu sekitar 60 menit, api berhasil dipadamkan.

Seorang maling diamuk massa

Saat terjadi kebakaran di pasar pakaian bekas ini, seorang pria memanfaatkan untuk mencuri. Namun, pelaku yang belum diketahui identitasnya itu, langsung ketahuaan saat mencuri barang-barang milik para korban kebakaran ini.

Akibatnya, pria diperkirakan berusia 30 tahun itu, menjadi bulan-bulan warga sekitar.

"Enggak otak kau, orang kena musibah kebakaran, bukan menolong malah mencuri pula," ucap seorang warga, sembari mengamankan pelaku pencurian itu.

Melihat hal itu, petugas Kepolisian yang berada di lokasi kebakaran langsung membawa pria itu, ke Polsek Sunggal, guna dilakukan pemeriksaan terhadap aksi pencurian yang dilakukannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya