Usai Rusuh, Ratusan Napi Lapas Banceuy Bandung Dipindahkan

Petugas kebakaran memadamkan api yang membakar bangunan Lapas Klas II A Banceuy Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan memindahkan ratusan narapidana di Lembaga Permasyarakatan Banceuy Kelas IIA Kota Bandung Jawa Barat. Tindakan ini dilakukan usai terbakarnya lapas tersebut akibat kerusuhan, Sabtu 23 April 2016.

Rusuh Lagi, Fadli Zon Sebut Pemerintah Gagal Benahi Lapas

"Dipindahkan segera. Di Banceuy juga. Kan ada gedung baru yang dibangun untuk 400 orang," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Jakarta Selatan, Senin, 25 April 2016.

Menurut Yasonna, bangunan lapas Banceuy yang baru ini nantinya akan menjadi tempat sementara bagi para napi. Sementara untuk bangunan yang dibakar akan direnovasi dan ditutup sementara.

Menkumham Pastikan Lapas Gorontalo Sudah Kondusif

"Kalau lama sudah kalian lihat lah, itu bangunan tempo dulu dan itu nanti akan kita bangun juga. Itu akan ditutup itu akan diperbaiki," ujarnya.

Aksi kerusuhan di Lapas Banceuy Bandung sebelumnya diduga akibat tewasnya salah seorang tahanan bernama Undang Kosim. Dikabarkan, Undang telah dipukuli dan disiksa oleh para sipir, sehingga memicu kemarahan para napi.

Rusuh Lapas Gorontalo, Anggota Polisi Luka 15 Jahitan

Kelompok napi yang kalap pun melempari penjaga penjara dan mulai membakar beberapa ruangan di dalam lapas. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun Lapas Banceuy mengalami kerusakan parah dan sejumlah tahanan ada yang mengalami luka-luka.

(mus)

Petugas kepolisian bersiaga di Lapas Kelas II A Gorontalo, Rabu (1/6/2016)

Menkumham Janji Perketat Pengamanan Lapas Gorontalo

Polisi temukan senjata tajam

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2016