Pendaftaran Kereta Angkutan Motor Gratis Masih Dibuka

Ilustrasi layanan kereta api di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali akan memberikan angkutan motor gratis mudik Lebaran 2016 melalui 35 kereta pengangkut. Manajer Humas Daop VII Madiun, Supriyanto, mengatakan, angkutan motor gratis Mudik Lebaran 2016 ini akan dioperasikan selama 6 hari. 

Perlintasan Rel Kereta Jadi Biang Kemacetan Mudik Lebaran

“Angkutan motor gratis mudik Lebaran 2016 ini mulai 28 Juni 2016 hingga 3 Juli 2016 dan saat arus balik mulai 10 hingga 16 Juli 2016,” kata Supriyanto di Madiun, Jawa Timur, Senin 2 Mei 2016.
 
Untuk bisa ikut dalam angkutan motor gratis ini, pendaftaran sudah dibuka sejak 8 Maret 2016 hingga 6 Juni 2016 di Stasiun Jakarta Gudang dan Pasar Senen, Jakarta. 

“Tidak hanya itu, pengguna kereta api yang mendaftar pada periode 8 Maret sampai 6 Mei 2016, PT KAI memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal 3 orang dalam satu keluarga untuk satu unit motor," katanya.

Menteri Rini Resmikan Kereta Prambanan Ekspres

Namun, yang mendaftar untuk angkutan motor gratis dengan kereta api setelah 6 Mei 2016 tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan kereta api.
 
Dalam penyelenggaraan angkutan motor gratis mudik Lebaran 2016, PT KAI menggandeng Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Sementara itu, 35 kereta bagasi adalah dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi lintas selatan 1 dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2. 

“Target kami sebanyak 15.834 motor dan ini meningkat dibanding 2015 yang hanya berkapasitas angkut 9.900 motor,” ucap Supriyanto.
 
Untuk lintas utara, stasiun yang dilewati adalah Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Wanita Menyeberang Saat Kereta Melintas, Apa yang Terjadi?

Sementara itu, lintas selatan 1, stasiun yang dilewati adalah Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Stasiun Kutoarjo. Jalur lintas selatan 2, stasiun yang dilewati adalah Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Klaten, Solo Jebres, Madiun, Kertosono, dan Kediri.

Imbauan jangan menerobos perlintasan kereta.

Ada 19 Perlintasan Kereta di Jakarta yang akan Ditutup

Terutama yang dekat flyover (jalan layang) atau underpass (terowongan)

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2016