Liburan, Dua Objek Wisata di Bantul Diserbu Pengunjung

Gua Pindul, Yogyakarta.
Sumber :
  • wisoto.com

VIVA.co.id – Libur panjang pada akhir pekan memberi berkah bagi pengelola obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kunjungan wisatawan meningkat enam kali hingga 10 kali dari kunjungan pada hari biasanya.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Seperti kunjungan wisata di Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gua Pindul yang mencapai 10 kali lipat. Tak pelak kondisi ini membuat padat arus lalu lintas di dua objek wisata tersebut.
 
Salah seorang Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran Heru Purwanto mengungkapkan kenaikan kunjungan terjadi sudah sejak hari Kamis 5 Mei 2016. Dengan jumlah pengunjung mencapai 1.300 orang.

"Untuk setiap hari biasanya hari Senin sampai Jumat rata-rata pengunjung hanya 150-an, namun hari Kamis mencapai 1.300-an orang," katanya, Jumat 6 Mei 2016.

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

Untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung pihaknya memaksimalkan pemandu yang ada. Dari 54 pemandu di Gunung api purba Nglanggeran, dibagi menjadi dua shift, Biasanya per hari hanya ada 7 orang. "Kami maksimalkan pemandu dan petugas agar pengunjung nyaman," katanya.

Sementara itu, petugas retribusi Gua Pindul mengatakan selama dua hari terakhir rata-rata kunjungan mencapai 12 ribu hingga 14 ribu wisatawan, hal ini meningkat cukup signifikan dibandingkan hari biasa yakni sekitar 2.000-an pengunjung.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

“Mengalami kenaikan hingga 6 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa, yang biasa hanya 2.000," katanya.

Kabid Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul Hary Sukmono mengungkapkan pihaknya menargetkan 200 ribu wisatawan untuk semua destinasi wisata. Sementara untuk destinasi wisata yang ditarik retribusi sebanyak 160 ribu wisatawan dengan target pemasukan sebanyak Rp900 juta hingga Rp1 miliar.

"Targetnya 200 ribu kunjungan wisatwan selama 4 hari libur, dengan puncak kunjungan pada hari Sabtu besok," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya