Anak Muda yang Duduki Patung Pahlawan Ditangkap

ABG yang foto-foto di atas kepala patung pahlawan
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Aparat TNI bersama Kepolisian menangkap seorang pemuda yang pernah berpose foto duduk di Tugu Letda Sujono yang terletak di Perkebunan PTPN III, Kebun Bandar Betsi, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Pemuda itu, berinsial I.

Alasan Jenderal Anumerta A Yani Sekolahkan Anak di Sekolah Katolik

Pria yang berusia sekitar 16 tahun itu sudah dimintai keterangan oleh kepolisian. Namun, I bukan termasuk sekelompok remaja yang tengah dibicarakan di media sosial karena foto dengan pose duduk di Tugu Letda Sujono itu.

"Ada yang diamankan seorang remaja berinsial I, jenis laki-laki, Minggu siang, 8 Mei 2016. I diamankan di rumahnya di Simalungun. Dia ditemukan oleh personel Polsek dan Koramil setempat," kata Kabid Humas Polda Sumutara Utara, Kombes Pol Helfi Assegaf, di Medan Senin, 9 Mei 2016.

Tragedi G30S PKI, Luka Sejarah di Benak Keluarga Jenderal Ahmad Yani

Di hadapan petugas, I mengaku pernah melakukan aksi tak perpujinya itu dengan lokasi yang sama. I menyebutkan pernah berfoto di lokasi itu, dengan pose menduduki patung pahlawan Letda Sujono pada bulan April 2016, lalu.

"Dia (I) mengaku pernah berfoto di situ pada bulan April lalu. Jadi, saya beritahu dia, yang diamankan itu tak ada hubungannya dengan sekelompok remaja yang kami cari itu," tutur perwira melati tiga itu.

Gatot Sebut Diorama G30S PKI Hilang, Anak Jenderal A Yani Merespons

Setelah dilakukan pemeriksaan sementara, I kemudian dikembalikan kepada orangtuanya. Polisi memberikan nasihat kepada I agar tidak mengulangi perbuatannya di kemudian hari.

"Jadi, remaja itu kini sudah dipulangkan. Tak ada unsur yang terpenuhi di situ, makanya kami pulangkan," kata Helfi.

Untuk melakukan pengusutan kasus ini, polisi masih memburu para remaja itu untuk dimintai keterangan atas aksinya tersebut.

"Terkait foto remaja yang di patung pahlawan dan beredar di medsos belakangan ini, pihak kepolisian masih mencarinya," tutur Helfi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya