Laporan Keuangan Kemdagri dapat Predikat WTP

Tjahjo Kumolo Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Laporan keuangan Kementerian Dalam Negeri mendapatkan opini terbaik, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, predikat ini menjadi pemicu semangat jajarannya untuk bekerja semakin baik.

DPR Minta BPK Seriusi Hasil Audit di Kementerian Keuangan

"Jadi hasil 2015 ini, dari teman-teman Kemdagri oleh BPK statusnya meningkat lebih baik, ini yang memacu kami semakin baik. Ini wajar tanpa pengecualian, tidak ada catatan apa-apa atau tititk koma," kata Tjahjo Kumulo di kantor BPK, Jakarta, Senin, 29 Mei 2016.

Tjahjo menjelaskan, prestasi ini bisa diraih jajarannya dengan kerjasama antar struktur internal, sehingga meminimalisir masalah pada laporan keuangan.

Penulis Pelesetan KPK Ternyata Pegawai Honorer Kemendagri

"Ini kita ambil contoh dengan 2014-2015 ini, kami pak Sekjen (Sekretaris Jenderal), pak Irjen (Inspektur Jenderal) hampir tiap hari kejar, mengevaluasi pertanggung jawaban baik tertulis dan lisan, sehingga apa yang jadi catatan bisa kita jawab dan klarifikasi," katanya.

Bagi Tjahjo pencapaian ini menjadi bukti rasa tanggung jawab lembaga negara dalam menggunakan anggaran. "Pemerintah yang baik harus mampu mempertanggung jawabkan masalah keuangan dengan baik. Uang rakyat, uang negara harus bisa dikelola dengan sistem yang sudah diatur oleh BPK," ujarnya.

Laporan Keuangan KPK Raih WTP 10 Tahun Berturut-turut
Sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, ramai-ramai mencukur rambutnya hingga cepak atau bahkan plontos pada Selasa, 14 Juni 2016.

Pejabat Minahasa Tenggara Kompak Cukur Plontos

Bupati pun ikut mencukur rambutnya hingga cepak.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016