Pesan Menteri Desa kepada Santri

Pancasila
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Marwan Jafar, menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga pesantren. Ia pun mengajak para santri untuk ikut serta mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila.

Pimpin Upacara Hari Pancasila, Jokowi: Saya Ajak Semuanya Menolak Politisasi Identitas

"Pesantren-pesantren di Indonesia juga sudah secara sah dan meyakinkan ikut serta mengembangkan nilai-nilai Pancasila, bukan nilai-nilai yang lain," kata Marwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 2 Juni 2016.

Marwan menegaskan bahwa landasan negara ini adalah Pancasila, tidak ada paham yang lain. Apalagi, 1 Juni sudah diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

Distrik Seni Kini Hadir di Sarinah

"Pemerintah sudah mengeluarkan Keppres (Keputusan Presiden) bahwa 1 Juni adalah hari lahirnya Pancasila, dan hari libur nasional," ujarnya.

Marwan mengatakan, keberadaan pesantren di Indonesia telah terbukti mampu membentengi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kehadiran pesantren juga berhasil menciptakan kedamaian dan ketenangan negara, dibandingkan dengan negara di Timur Tengah yang rawan terjadi perang.

Pimpin Upacara di Ende, Jokowi Ajak Bangsa Membumikan Pancasila

"Bahwa pesantren juga selalu mengakomodasi dengan keadaan-keadaan yang terus berkembang, saya yakin seyakin-yakinnya itu. Tetapi yang lebih penting bahwa pesantren juga tidak lupa dengan misi dasarnya, tidak lupa dengan asas dasar, dan tidak lupa dengan ajaran-ajaran dasarnya (yakni pendidikan)," ujarnya.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-50 PDIP di Jiexpo, Kemayoran.

Megawati Sindir Pihak yang Kritik Pancasila: Jangan Hidup di Indonesia!

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyinggung pihak yang kerap mengkritik Hari Lahir Pancasila

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023