15 Tahun Nenek Astami Tinggal di Kandang Sapi

Nenek Astami, puluhan tahun tinggal di kandang sapi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Veros Afif.

VIVA.co.id - Puluhan tahun seorang nenek bernama Astami, warga Dusun Aengnyeor, Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep, Jawa Timur, menjalani kehidupan sehari-hari seorang diri di kandang sapi miliknya sendiri. Bahkan perempuan yang sudah berusia lanjut tersebut belum pernah berkeluaga.

Hashim: Prabowo Janji Jadikan Indonesia Zero Kemiskinan

Astami mengaku tinggal dan beraktivitas di kandang sapi miliknya sejak 15 tahun lalu. Alasan adalah karena ia tidak punya tempat tinggal.

"Karena saya tidak punya tempat tinggal lagi ya tinggal di kandang ini. Meskipun jika hujan kadang atapnya bocor," katanya, Rabu, 8 Juni 2016.

Gus Imin Dukung Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Dievaluasi

Selama belasan tahun itu, ia terpaksa hidup bersama dengan bau dan kotoran sapi serta nyamuk yang setiap saat menggigitnya.

"Untuk tahun ini, saya tidak mendapatkan bantuan apa pun dari Pemerintah Sumenep. Cuma tahun lalu saya mendapat bantuan," ujar dia.

Pendidikan yang Berkeadilan Menghadapi Era Metaverse

Walaupun tinggal di tempat yang tidak layak seperti itu, Astami tetap menjalankan ibadah puasa. Menurutnya, bukan alasan baginya untuk tidak berpuasa.

"Saya beternak sapi. Itu sapi bukan milik saya. Saya hanya memelihara untuk mendapatkan bagian dari sapi tersebut bila dijual nanti," tuturnya.

Dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini, untuk makan sahur dan berbuka, Astami numpang dari kerabat terdekat. Lebih miris lagi, ia harus menunggu kiriman orang yang mau berbaik hati padanya.

Ia juga hampir tidak pernah tersentuh oleh program pemerintah. Kondisi itu membuatnya semakin sulit dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Laporan: Veros Afif

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya