Petani 'Curhat' pada Ketua Umum PAN soal Harga Hasil Panen

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, berdialog dengan petani, Minggu, 12 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ridho Permana.

VIVA.co.id -  Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyoroti kondisi petani sayur mayur di Desa Pasirwangi Desa Sinarjaya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut Jawa Barat. Di tengah harga-harga sayuran seperti cabai, kentang, tomat dan lain-lain naik di bulan Ramadan ini, tapi kondisi itu tidak rasakan oleh mereka. Harga panen mereka tetap jatuh di pasaran.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

"Tadi para petani mengeluh kepada saya karena jatuhnya harga-harga sayur mayur mereka. Padahal di pasaran semua harga sayur mayur naik," kata Zulkifli usai bertemua para petani, Minggu, 13 Juni 2016.

Zulkifli yang juga Ketua MPR itu meminta pemerintah untuk aktif turun tangan mengatasi masalah ini. Baik pusat maupun daerah.

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

"Pemerintah harus turun tangan mengatasi masalah ini. Jangan sampai petani tidak menikmati sama sekali dampak kenaikan harga ini. Justru para tengkulak yang banyak menikmati," katanya.

Lebih jauh, Zulkifki meminta agar pemerintah secepatnya mencarikan solusi atas persoalan ini. Misalnya dengan membangun industri olahan sehingga ketika panen raya tiba bisa di serap di industri tersebut. Perlu juga dipikirkan agar para petani bisa mendapatkan modal dengan bunga yang rendah.

BPS Sumsel Rilis Nilai Tukar Petani, Naik 2,97 Persen pada Maret

"Jangan sampai para petani ini sudah menjual hasil pertaniannya sudah sangat murah. Sementara ketika memerlukan modal mereka terjerat para pemodal atau rentenir," katanya mengingatkan.

Agenda Zulkifli di Garut diawali dengan sahur bareng dengan KH. Aceng Zakaria Pimpinan Pondok Pesantren PERSIS 99  Rancabango Tarogong Kab. Garut Jabar, dilanjutkan dengan bertemu para petani di Desa Pasirwangi Desa Sinarjaya  Kec. Pasirwangi Kab. Garut Jawa Barat, kemudian mengunjungi industri dodol picnic di Pasundan kemudian dilanjutakan dengan bertemu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut dan dilanjutkan sosialisasi empat pilar.

Rombongan yg mendampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Wakil Ketua Umum yang juga Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Wakil Ketua Fraksi PAN DPR Riski Sadig, Hoeruddin, Ketua DPP PAN Azis Subekti dan Wasekjen PAN Soni Sumarsono, Suherlan dan Iswari Mukhtar dan Keliek Umbaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya