Gubernur Hasil Pilkada Desember 2015 Baru Dilantik Jokowi

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pasangan terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah periode 2016-2021, Longki Djanggola-Sudarto akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini, 16 Juni 2016.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan kali ini hanya dilakukan untuk pasangan gubernur Sulawesi Tengah Longki-Sudarto hasil pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015 lalu.

"Saya kira, pelantikan Gubernur Sulteng itu terakhir dari Pilkada serentak kemarin," kata Tjahjo pada VIVA.co.id.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Masa jabatan Longki-Sudarto sendiri, berakhir hari ini 16 Juni 2016. Sehingga Presiden perlu melantik pasangan tersebut untuk masa jabatan kedua mereka setelah sebelumnya ditetapkan menjadi pemenang pada pilkada serentak 2015 lalu.

"Kenapa baru sekarang? Karena masa habis jabatan Gubernur itu baru 16 Juni 2016 ini. Dalam UU tak boleh dimajukan atau dimundurkan. Posisinya sama kaya yang kemarin," ujar Tjahjo.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Untuk diketahui, Pilgub Sulteng 9 Desember 2015 lalu diikuti dua pasang kandidat yakni Longki-Soedarto dan Rusdy Mastura-Ihwan Datu Adam.

Pasangan Rusdy Mastura-Ihwan Datu Adam sempat menggugat kemenangan pasangan Longki-Sudarto ke Mahkamah Konstitusi, namun majelis hakim MK akhirnya menggugurkan gugatan tersebut.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021