Buka Puasa Bersama di Gereja Inisiatif Istri Gus Dur

Istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Meski mendapatkan penolakan keras dari Front Pembela Islam (FPI), acara buka bersama Shinta Nuriyah Abdurahman Wahid dengan para pemuka agama Katolik di gereja Semarang tetap digelar. Bahkan Barisan Anshor Serba Guna Nahdhatul Ulama (Banser) Jawa Tengah siap mengamankan acara tersebut.

Akhir Cerita FPI dan Banser Geruduk DPC PDIP

Kepala Satuan Koordinasi Wilayah Banser Jawa Tengah, Hasyim Asy'ari, menyatakan, anggotanya siap diterjunkan untuk mengamankan acara. Namun, pihaknya menyatakan sikap bahwa acara bukber di gereja Santo Yakobus Zebedeus Pudak Payung itu merupakan inisiatif Shinta Nuriyah, termasuk lokasi dan peserta.

"Sikap Banser jelas, kita menghormati Ibu Nyai Nuriyah sebagai Guru. Jadi jika beliau menghendaki hadir di Pudakpayung, maka Banser siap kawal dan dampingi," katanya di Semarang, Kamis, 18 Juni 2016.

Ada Banser di Kerumunan Pendukung Khofifah-Emil

Menurutnya, sikap itu penting ditegaskan agar tidak salah paham dan tidak menimbulkan kesan bahwa kegiatan itu adalah inisiatif gereja, dan Banser membela gereja. "Padahal kita kawal Ibu Nyai Nuriyah. Kita akan kerahkan Banser Satkorcab Kabupaten Semarang dan Kota Semarang untuk stand by di lokasi, " katanya.

Sebelumnya, ormas Front Pembela Islam (FPI) Jawa Tengah menyatakan penolakannya terkait cara bukber di gereja tersebut. Penolakan itu bahkan tak hanya di gereja Pudak Payung, melainkan rencana awal digelar di gereja Paroki Raja Ungaran. FPI mengklaim, penolakan itu juga datang dari sejumlah ormas Islam lain.

Diancam dan Disuruh Tobat oleh Teroris, Banser Tak Takut

"Kita tolak acara itu karena keberatan kalau Bu Shinta berdoa bersama di gereja," kata Ketua Tim Advokasi FPI Jawa Tengah, Zaenal Abidin Petir.

Menurut rencana, acara buka di gereja akan digelar pada hari ini pukul 16.00-17.45 WIB. Menurut panitia acara, acara buka bersama istri mendiang Gus Dur ini di gereja Semarang dimaksudkan sebagai bentuk kerukunan lintas agama.

Polisi berjaga/Ilustrasi.

Warga Jadi Korban Bentrokan Ormas di Cipulir

Bentrokan diduga akibat rebutan lahan parkir.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2018