Banjir Padang Capai 1,5 Meter, Ini Daerah yang Terdampak

Evakuasi korban banjir di Padang
Sumber :
  • Wahyudi A Tanjung

VIVA.co.id – Banjir besar melanda Kota Padang, Sumatera Barat, akibat hujan lebat sejak Kamis sore. Hampir 11 kecamatan yang terdampak banjir, dengan ketinggian 50 hingga 150 sentimeter. Banjir rata rata merendam perumahan yang memiliki saluran drainase yang sangat buruk.
 
Dalam pantauan VIVA.co.id, Kamis malam 16 Juni 2016, seperti di Jalan Arai Pinang, Kelurahan Batuang Taba, Kecamatan Lubuk Begalung, merupakan salah satu daerah terparah terdampak banjir.

Pusat Meteorologi UAE Bantah Hujan Ekstrem Dubai karena Modifikasi Cuaca

Hingga pukul 22.30 terlihat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD PK) Kota Padang, harus  menggunakan perahu karet. Di lokasi ini banjir merendam rumah warga hingga ketinggian satu setengah meter yang terjadi sejak berbuka puasa.
 
Sementara, sebagian warga yang tinggal di kelurahan tersebut, sebagian besar mengungsi ke rumah kerabatnya yang berada di ketinggian atau menumpang di rumah tetangga yang bertingkat. Akibat banjir, tak satupun perabotan rumah yang berhasil terselamatkan karena banjir datang dengan sangat cepat sekali.
 
Menurut warga di lokasi ini, banjir terjadi akibat sistem drainase yang sangat buruk. Apalagi sejak banyaknya pembangunan gudang di kawasan jalan By Pass yang terletak tak jauh dari perumahan mereka, membuat saluran air yang sudah ada sejak dulu terhambat. jika terjadi hujan lebat dalam tiga jam dipastikan banjir.
 
“Belum pernah kami merasakan banjir separah ini, hanya dalam waktu dua hingga tiga jam saja hujan lebat, kampung kami langsung terendam banjir,” ujar Kamil Is, warga Jalan Arai Pinang, RT 02 RW 07, Kelurahan Batuang Taba.

Selain hujan lebat, menurut Kamil, banjir juga diakibatkan saluran drainase yang sangat buruk. Terutama sejak maraknya pembangunan gudang di sepanjang jalan By Pass menuju ke Pelabuhan Teluk Bayur.
 
“Sudah sejak tahun 90 an saya membangun rumah di sini, baru kali ini banjir merendam rumah mencapai satu setengah meter. Ini terjadi karena saluran drainase sangat buruk dan bangunan baru di sepanjang By Pass menghambat air keluar dari perumahan,” tuturnya. Kamil berharap, pemerintah Kota Padang segera melakukan perbaikan dan menertibkan bangunan baru tersebut.
 
Sementara, menurut BPBD dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, banjir kali ini hampir merendam seluruh kecamatan Kota Padang. Namun dengan kedalaman bervariasi, dari 30 hingga 150 sentimeter. Sedangkan kecamatan terparah di antaranya, Kecamatan Lubuk Begalung, Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Nanggalo dan Kecamatan Padang Selatan.
 
“Tingginya curah hujan yang terjadi, menyebabkan banjir melanda hampir seluruh wilayah kecamatan di Padang, tak hanya karena hujan, banjir juga di sebabkan oleh meluapnya beberapa sungai yang ada di Padang,” ujar Kepala Bidang Proteksi dan Penanggulangan Bencana, BPBD PK Kota Padang, Basril.
 
Untuk melakukan evakuasi di lokasi banjir terparah, BPBD PK menurunkan10 perahu karet yang ditempatkan di daerah daerah terkena banjir. Daerah tersebut adalah Lubuk Buaya, Maransi, Tabing Banda Gadang, Pegambiran, Arai Pinang, Parak Jambu dan Pampangan.

Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

“Saat ini semua petugas kami dibantu kelompok siaga bencana dari warga sudah bergerak mengevakuasi warga, sementara hingga sekarang belum ada korban jiwa,” ujar Basril.

Laporan: Wahyudi A Tanjung / Padang 
 
 

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas
Mobil-mobil terendam banjir di Dubai

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Sejumlah jalanan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), terendam air banjir hingga merendam banyak mobil-mobil mewah. Nampak mobil-mobil itu ditinggalkan oleh para pemiliknya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024