Satu Lagi Paus Pilot Mati Terdampar di Probolinggo

ikan paus pilot terdampar di probolinggo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Sebanyak 32 Paus Pilot Sirip Pendek ditemukan terdampar di pesisir pantai Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Probolinggo, Jawa Timur, sejak Rabu, 16 Juni 2016. Hari ini, tim menemukan lagi satu bangkai paus pilot yang mati di pesisir pantai, sehingga total ada 11 paus pilot yang ditemukan mati terdampar di perairan dangkal.

Sebulan, Sudah 7 Paus Terdampar & Mati Di Pantai New York

Camat Gending Muhammad Ridwan mengatakan, saat ini tim menemukan satu bangkai baru di Pesisir. "Hari ini ada satu lagi bangkai paus ditemukan mati. Laporannya ada dua paus yang dilepas kemarin dan dua-duanya mati. Tim masih melanjutkan pencarian untuk bangkai yang ke dua,” kata Ridwan di kantornya, Jumat, 17 Juni 2016.

Menurutnya, warga Desa Pesisir terlibat penuh untuk membantu, sejak melaporkan kejadian paus terdampar dalam jumlah banyak itu. Ridwan menyebut nelayan setempat telah mendapat informasi tentang satwa yang dilindungi dan resiko yang dihadapi ketika memakan bangkai paus. Sebab, nelayan beberapa tahun lalu pernah mendapati paus terdampar.

Puluhan Ikan Jumbo yang Terdampar di Madura adalah Jenis Paus Tombak

“Sejak terdampar tak ada nelayan yang makan daging paus. Mereka tahu paus itu satwa dilindungi. Meskipun kali ini jumlahnya banyak, tetapi nelayan tetap berusaha menghalau paus kembali ke laut,” katanya. 

Ridwan mengingat beberapa tahun terakhir ada ikan paus yang terdampar di Pesisir. Namun jenisnya bukan paus pilot. "Bangkainya dikubur. 11 bangkai paus saat ini juga akan segera dikubur, hanya menunggu panduan dari tim yang ada di pantai sekarang,” jelasnya.

Australia Terpaksa Suntik Mati Sebagian Kawanan Paus Terdampar
Paus Sperma Raksasa Terdampar di Karangasem Bali

Penampakan Paus Sperma Raksasa Terdampar di Karangasem Bali

Bangkai Paus Sperma (Physeter macrocephalus) yang terdampar di Pantai Yeh Malet, Karangasem, Bali, pada Rabu, 5 April 2023. Ini Penampakannya

img_title
VIVA.co.id
6 April 2023