Orang Indonesia Masih Belum Sadar Bencana

Ilustrasi longsor
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kesadaran orang Indonesia akan ancaman bencana sangat memprihatinkan. Publik dan pemerintah, bahkan belum menjadikan isu bencana sebagai sesuatu yang prioritas.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

"Masyarakat kita belum siap dengan bencana besar. Pengetahuan (bencana) meningkat, tetapi belum jadi sikap, perilaku, dan budaya yang mengaitkan dengan mitigasi," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Senin 20 Juni 2016.

Data BNPB bisa menjadi bukti rendahnya kesadaran Indonesia untuk mengantisipasi ancaman bencana. Saat ini, teruntuk ketersediaan alat pendeteksi dini, atau early warning system (EWS) bencana. Ternyata, di Indonesia baru terpasang 30 unit. Direncanakan pada tahun ini akan ada penambahan 24 unit lagi.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Namun, alat-alat yang menjadi peringatan awal bagi warga tersebut, tetap tak sepenuhnya dijaga oleh warga dan pemerintah setempat. Terbukti, ada di salah satu desa, alat EWS justru dibuat sebagai alat menjemur pakaian oleh warga.

"Masang gampang, maintenance kendala. Seringkali alat rusak, karena abis kita pasang, perawatan jadi tanggungan Pemda. Kalau ditanya Indonesia butuh berapa, saya bilang jutaan," katanya.

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Ketidaksadaran bencana juga bisa dilihat dari sisi pemerintah daerah. Hal itu bisa dirujuk ke ketiadaan komitmen daerah untuk mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk kebencanaan sebesar satu persen.

"Alokasi anggaran bencana di BPBD masih jauh memadai. Saat ini, hanya berkisar 0,02 hingga 0,07 persen. Akibatnya, pengurangan risiko bencana belum dapat dilakukan dengan optimal," kata Sutopo. 9asp)

Jayabaya

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Prabu Jayabaya adalah penguasa atau raja yang berasal dari Kerajaan Kediri di masa lalu. Ia sangat terkenal dengan berbagai ramalannya yang bahkan masih terjadi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024