Trik Khusus Tito Karnavian Bikin Teroris Insaf

Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • Bayu Januar/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Beberapa aktivis radikal ekstrem, bahkan cenderung menganut terorisme, berbalik haluan atau insaf dan menyadari kekeliruannya berkat pendekatan yang dilakukan Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian. Salah satu yang berubah haluan hidup setelah didekati Tito ialah Ali Fauzi Manzi, mantan teroris asal Lamongan, Jawa Timur.

Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

Sedikitnya dua kesan yang muncul dalam ingatan Fauzi tentang sosok Tito. Pertama, kemampuan akademik putra Palembang itu yang menurut Fauzi, mumpuni. Ia mengaku mengetahui itu karena beberapa kali duduk bersama Tito dalam forum diskusi tentang terorisme.

"Kemampuan akademik beliau mumpuni," kata Ali Fauzi kepada VIVA.co.id pada Rabu malam, 22 Juni 2016. Tito, kata mantan aktivis Jamaah Islamiyah (JI) itu, juga menguasai pengetahuan agama.

Bobon Santoso Bakal Sumbang Semua Gaji YouTube Buat BEM UI Jika Terima Tantangan TNI

Kedua, kata Fauzi, Tito menunjukkan sikap murni dan ikhlas ketika melakukan pendekatan terhadap aktivis radikal. "Keikhlasan beliau dalam menggalang kawan-kawan (aktivis radikal). Pak Tito sendiri sadar sangat sulit mengubah ideologi, tapi beliau melakukan pendekatan dari hati ke hati.”

"Karena saya yakin bahwa apa yang keluar dari mulut beliau dari hati, ya, saya terima. Selain itu keagamaan beliau kuat. Saya tahu sendiri beliau itu tidak pernah lepas dari puasa Senin-Kamis. Saya sendiri malu pada beliau soal puasa," tuturnya.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Tito Karnavian diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kepala Polri untuk menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti, yang akan pensiun. Hari ini, Tito menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kepala Polri di Dewan Perwakilan Rakyat. (ase)

OPM merilis video terbaru pilot Susi Air  Philip Mark Mehrtens

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

Menurut Bamsoet, tak boleh ada lagi toleransi terhadap kelompok separatis, teroris seperti OPM yang menebar teror hingga menimbulkan korban jiwa.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024