Pemudik Diimbau Lewat Jalur Pantura

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono.
Sumber :
  • VIVAnews / Siti Ruqoyah

VIVA.co.id – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono, menyarankan agar pemudik yang akan menuju berbagai kota di Jawa Tengah untuk tetap memilih melewati jalur Pantai Utara (Pantura). Berkaca dari pengalaman tahun lalu, Condro mengatakan  bahwa jalur di utara Pulau Jawa itu relatif sepi. Pasalnya, kepadatan pemudik telah beralih ke jalur Tol Cipali.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Saya mengimbau, lewatlah Pantura, jangan lewat Cipali, padat," ujar Condro usai rapat persiapan arus mudik dan arus balik di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin 27 Juni 2016.

Menurut mantan Kakorlantas itu, selain relatif lebih sepi, jalur Pantura juga memiliki banyak stasiun pengisian bahan bakar, rest area 'lokasi istirahat' dan sentra oleh-oleh. Jalan tol, kata dia, tidak selalu menjadi pilihan yang tepat.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

"Pantura saya jamin kosong, Brebes Timur, Palimanan saya jamin macet. Itu pengalaman 2015," kata dia lagi.

Tol Cipali diketahui baru beroperasi sejak tahun 2015 lalu. Kepadatan kendaraan yang biasa terjadi di Pantura kemudian beralih ke Tol Cipali. Akses tol tersebut secara jarak akan bisa mempersingkat waktu menjangkau kota-kota di Jawa Barat maupun Jawa Tengah.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi
Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024