Kemenag Tambah Personel Keamanan Ibadah Haji Tahun Ini

Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kementerian Agama akan menambah jumlah personel kemanan baik dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun dari Polri pada ibadah haji di Arab Saudi pada 2016.

Menag Lantik Sekjen, Widyaiswara Ahli Utama dan Pejabat Eselon II Kemenag

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dengan adanya penambahan petugas kemananan tentu akan mempermudah dan membantu para jemaah haji Indonesia yang berada di Arab Saudi.

"Tahun ini kita tambah jumlahnya jauh lebih besar. Sehingga mereka tidak hanya kita tempatkan di sektor khusus, tapi mereka juga ditempatkan di sektor lain. Mereka akan jadi petugas inti untuk proses yang terjadi di Arafah Mina," kata Lukman Hakim Saifuddin, di ruang VVIP, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 2 Juli 2016.

Syekh Al Sudais Himbau Jemaah Untuk Fokus Ibadah dan Kurangi Berfoto-foto Saat di Tanah Suci

Namun, ia tak merinci lebih detail berapa jumlah personil pengamanan baik TNI-Polri pada ibadah haji tersebut. "Jumlahnya saya tidak tahu persis, tapi jauh lebih banyak dibanding tahun lalu," kata Lukman.

Sementara itu, hotel atau pemondokan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi telah disiapkan petugas di lokasi itu, agar lebih memudahkan para jemaah tersebut. "Ada dua petugas yang bekerja 24 jam secara bergantian. Kondisi hotel di sana banyak yang baru, setara bintang 3 dan 4," katanya.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Selain itu, pemerintah Saudi Arabia sudah bertanggung jawab atas kesehatan para jemaah haji Indonesia dan juga dari berbagai penjuru negara lain.

"Sebagaimana kelaziman sejak berpuluh tahun yang lalu, Indonesia memang memiliki unit pelayanan kesehatan sendiri. Baik balai pengobatan haji yang ada di Mekkah dan Madinah juga di Arminah. Mengingat banyaknya jemaah kita perlu pelayanan khusus," kata Lukman.

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024