Calo Tiket Kereta Api Masih Beredar Jelang Hari Raya

Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – PT. KAI (Kereta Api Indonesia) mengakui masih ada calo tiket yang berkeliaran, memanfaatkan momen mudik Lebaran pada tahun ini. Meskipun telah memperketat sistem penjualan dan masuk stasiun, namun masih ada saja calon penumpang yang mencoba membeli tiket melalui calo.

Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Final Rp 165 Per Saham

"Penipuan identitas memang ditemukan ada yang mencoba di boarding pass (membeli tiket via calo), " ujar Eksekutif Vice President (EVP) PT.KAI John Robertho di Stasiun Senen, Senin, 4 Juli 2016.

Seperti diketahui, PT. KAI telah mewajibkan membeli tiket sesuai dengan KTP (kartu tanda penduduk) calon penumpang. Pemeriksaan ketat juga dilakukan sebanyak dua kali sebelum memasuki peron. Jika kedapatan bahwa tiket tidak sesuai dengan identitas, maka calon penumpang tidak diizinkan masuk.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

"Tidak sesuai dengan identitas maka out (keluar). Tidak ditangkap. Biasanya waktu boarding sudah ketahuan," kata dia.

Agar tidak dirugikan, pihaknya mengimbau calon penumpang untuk membeli tiket di tempat yang resmi.

Cak Imin Puji Militansi PKS di Pilpres 2024: 'Kalau Mau Berjuang Ya Hanya dengan PKS'

Sebelumnya, petugas PT. KAI Daop 1 Stasiun Pasar Senen menangkap seorang penumpang yang kedapatan membeli tiket palsu dari calo. Petugas langsung membawa ke pos keamanan dan menginterogasi penumpang tersebut.

"Dari pengakuan penumpang yang kita tangkap itu, dia mengaku beli tiket palsu dari seseorang yang menawarkan kepadanya," ujar Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Bambang S Prayitno.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan terima kasih kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang sudah berjuang dalam kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024