Ini Alasan Pihak Bandara Lepaskan Pembuat Onar di Wings Air

Ilustrasi pesawat Wings Air.
Sumber :
  • REUTERS/Zul Edoardo

VIVA.co.id – Pesawat Wings Air rute Ambon-Langgur dengan nomor penerbangan IW1504 terpaksa harus kembali ke Bandara Pattimura, lantaran ada salah satu penumpang yang berbuat onar.

Viral Seorang Perempuan Tiba-tiba Telanjang dan Ngamuk di Pesawat

Penumpang bernama Umar Ohoitenan itu akhirnya diturunkan, karena menolak instruksi keamanan sebelum pesawat lepas landas.

Saat tiba di bandara pada pukul 14:21 WIT, Umar langsung diamankan petugas dan segera dimintai keterangan. Setelah pemeriksaan selama dua jam, pria tersebut diizinkan melanjutkan penerbangan ke Langgur dengan menggunakan pesawat dari maskapai yang berbeda.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pramuraharjo, mengungkapkan alasan otoritas bandara Pattimura melepaskan Umar. Berdasarkan keterangan yang diterima dari otoritas bandara, pria tersebut diakui Hemi telah berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Dia sudah mengakui kesalahannya, dan akan mematuhi peraturan sipil selama penerbangan berlangsung. Kalau itu tidak dilakukan, dia tidak akan dilepas,” ujar Hemi saat berbincang dengan VIVA.co.id di kantor Kemenhub Jakarta, Sabtu 9 Juli 2016.

Lagipula, lanjut Hemi, pelanggaran yang dilakukan Umar tidak termasuk dalam kategori pelanggaran berat, meskipun pada akhirnya pesawat Wings Air harus kembali ke bandara. Namun, ditegaskan Hemi, akan ada cerita berbeda jika pria tersebut melakukan pelanggaran berat.

“Ini tindakan cuma ketidakpatuhan terhadap peraturan, dan bukan pelanggaran besar. Tetapi kalau tidak tidak patuh , misalkan terjadi turbulensi dan dia tidak pakai sabuk pengaman, tentu bisa mencelakai dia,” katanya.

(mus)

Bawa Airsoft Gun, Penumpang Royal Brunei Diamankan Petugas Soetta
Ilustrasi penumpang di kabin pesawat

2 Penumpang Diusir Pramugari dari Pesawat, Hal Nyeleneh Ini Jadi Penyebabnya

Beredar di sosial media seorang pramugari melarang 2 penumpang naik pesawat. Hal itu tentunya bukan karena tanpa alasan, hal nyeleneh ini yang dilakukan 2 penumpang itu.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2023