Masih Ada Gelombang Kedua Puncak Arus Balik Lebaran

Ilustrasi macet.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA.co.id –  Puncak arus balik Lebaran 2016 diperkirakan sudah terjadi pada H+3 atau Minggu, 10 Juli 2016. Mengingat para pegawai negeri sipil (PNS)  dan karyawan swasta mulai masuk kerja pada hari ini, Senin, 11 Juli 2016.

Namun begitu, diperkirakan masih akan ada arus balik gelombang dua pada pekan depan. Lantaran aktivitas sekolah baru dimulai pada Senin, 18 Juli 2016.

"Gelombang kedua kami perkirakan itu Jumat dan Sabtu depan," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, di Istana Negara.

Jonan menyebut saat ini belum semua pemudik kembali ke Jakarta usai Lebaran. Menurutnya, masih ada sekitar sepertiga pemudik yang tersebar di daerah dan belum masuk Jakarta.

Sementara terkait arus mudik gelombang kedua nanti, Jonan menyatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi.

"Kami sudah antisipasi, itu hari Jumat, Sabtu, Minggu. Ini terakhir pasti," katanya.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, sejumlah ruas jalan utama di Jakarta masih relatif lengang. Salah satunya di kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

Sementara itu, dari data Media Center Stasiun Pasar Senen, hingga pukul 09.54 WIB, tercatat sebanyak 10.103 pemudik tiba di Stasiun Senen pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran. Para penumpang tersebut paling banyak datang dari Stasiun Surabaya Pasar Turi yakni, 1.376 penumpang, dengan jam kedatangan pukul 08.23 WIB.

Sore Ini, Arus Kendaraan Padat di Tol Cikampek

Lalu terbanyak kedua, kedatangan dari Stasiun Kutoarjo, sebanyak 873 penumpang, jam kedatangan pada pukul 00.41 WIB. Berdasarkan pantauan di lapangan, Stasiun Pasar Senen masih sangat dipadati penumpang yang kembali dari kampung halamannya.

Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran saat dikunjungi oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Kadishubtrans berjanji, tahun depan tak ada lagi terminal yang bau.

img_title
VIVA.co.id
19 Juli 2016