Banjir dan Longsor Landa Jawa Timur

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.
Sumber :
  • Antara/ Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Sejumlah daerah di Jawa Timur mengalami bencana banjir dan longsor setelah hujan lebat mengguyur. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana banjir bandang dan longsor di beberapa wilayah terjadi pada hari ini, Senin 11 Juli 2016. wilayah yang dilanda bencana itu antara lain, Lumajang, Mojokerto, Trenggalek, dan Malang.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

"Bencana tersebut dipicu oleh hujan berintensitas tinggi yang turun pada malam (10 Juli) hingga pagi," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers.

Menghadapi peristiwa banjir dan longsor, masing-masing BPBD telah merespons secara cepat dengan dukungan berbagai pihak seperti TNI, polisi dan dinas terkait. Penanganan di lapangan masih dilakukan seperti pendataan kerugian.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

"BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada menghadapi potensi bahaya banjir dan longsor, khususnya di wilayah dengan intensitas hujan tinggi," katanya.

Sutopo menjelaskan, insiden banjir yang terjadi di Dusun Sumberwaru, Kembangsari, Ngoro, Mojokerto pada Senin 11 Juli, pukul 01.00 WIB. Banjir dipicu oleh hujan berintensitas tinggi yang dimulai sejak Minggu 10 Juli, pukul 21.00 WIB.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Hujan mengakibatkan debit sungai meluap hingga jalan raya dan rumah warga. BPBD mencatat  270 KK terdampak banjir dengan ketinggian hingga 1 meter.

"Dua mobil dan 270 rumah warga terendam banjir. Namun demikian banjir terpantau surut pada pukul 05.00 WIB," katanya.

Sementara itu, banjir dan longsor terjadi di wilayah Kecamatan Munjungan, Trenggalek pada pukul 02.00 WIB. BPBD Trenggalek memantau air telah surut pada pukul 04.00 pagi ini.

Dampak bencana banjir mencakup lima dusun (di antaranya Dusun Pager, Gunung, Krajan, Domerto, Janti) di Desa Tawing, Munjungan, Trenggalek, sedangkan longsor di  Dusun Podang dan Bendoroto, Munjungan,Trenggalek.

Banjir di wilayah Munjungan merusak lahan pertanian dengan rincian Desa Bangun 2 ha, Bendoroto 5 ha, Tawing 7 ha, Munjungan 3 ha. Longsor di Dusun Podang berdampak kerusakan di SDN 1 Bendoroto, seperti 6 kelas, perpustakaan, dan fasilitas lain rusak. Bangunan yang tersisa tidak layak digunakan.

"Kerugian lain di dusun ini terjadi pada jembatan yang memiliki panjang 15 meter. Kerugian jembatan ambles ditaksir sekitar Rp1 miliar," kata Sutopo.

Bencana serupa terjadi Kabupaten Malang. BPBD Malang melaporkan banjir terjadi di Dusun Krajan Tengah, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang pada Minggu  pukul 22.00 WIB. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. BPBD setempat masih mendata kerugian materiil.

Banjir yang diakibatkan debit air Sungai Sitiarjo meluap hingga setengah tebing sungai. Anak sungai juga meluap ke arah jalan dengan ketinggian 0,5 meter.

BPBD menginformasikan akses jalan dari arah Pasar Sitiarjo ke barat/ Gunung Tumo terputus genangan air sungai kecil, untuk Pasar Sitiarjo ketinggian air 0,5-1 m yang disebabkan meluapnya aliran sungai kecil di timur pasar karena tidak muatnya gorong-gorong di depan pasar.

Longsor terjadi di titik jalan menuju Desa Lebakharjo, Ampelgading pada Minggu pukul 23.30 WIB. Tidak ada korban pada insiden ini dan BPBD masih melakukan pendataan kerugian materiil.

"Longsor berdampak pada akses jalan menuju Lebakharjo tertutup pada dua titik (Kemantren dan Tumpak Harapan)," ujarnya.

Dijelaskan Sutopo, BPBD Lumajang melaporkan insiden tanah longsor terjadi di Desa Sumberwuluh, Candipuro pada Minggu pukul 21.30 WIB. Desa yang berada pada Km 58 arah Lumajang mengakibatkan kemacetan lalu lintas pada jalur Lumajang–Malang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya