Purworejo Diguncang Gempa Minor

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis adanya gempa bumi yang terjadi di wilayah Purworejo dan sekitarnya pada Senin, 18 Juli 2016 pukul  05.59 WIB. Kekuatan gempa Purworejo 3,6 Skala Richter.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 7.62 Lintang Selatan dan 109.92 Bujur Timur, tepatnya di daratan pada jarak sekitar 18 Kilometer arah barat laut Kota Purworejo pada kedalaman hiposenter 13 Kilometer.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I skala intensitas gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau II skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di hampir seluruh wilayah Purworejo, Wonosobo, Magelang dan Kebumen. 

Satu Orang Terluka Akibat Gempa Filipina, Tembok-tembok Runtuh

Meskipun dampak gempa bumi tidak signifikan tapi peristiwa gempa ini menarik untuk dikaji karena sebelumnya pada 11 Juli 2016, di tempat yang sama juga terjadi gempa bumi dengan kekuatan 3,5 Skala Richter dan 2,9 Skala Richter. 

Peristiwa gempa bumi yang mengguncang Purworejo dan sekitarnya pagi ini merupakan gempa bumi kecil (minor) yang berkedalaman dangkal. Hasil pantauan BMKG satu jam setelah gempa, belum terjadi gempa susulan. Meski demikian, masyarakat Purworejo dan sekitarnya diminta tenang namun tetap waspada.
 
 

Kemensos Realisasikan Santunan untuk Korban Jiwa Gempa di Sulbar
Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023