BNN: Puluhan Ribu Warga Bali Pecandu Narkoba

Petugas gabungan BNN meggerebek narkoba. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Fakta mencengangkan diungkap Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali. Dari total penduduk Bali sebanyak 3.049.900 jiwa, sebanyak 2,01 persennya merupakan pecandu narkoba. Dengan kata lain, terdapat sekitar 61.353 orang Bali yang positif narkoba.

Sarang Narkoba di Deli Serdang Digempur Polisi, 10 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

Kepala BNN Provinsi Bali, Brigadir Jenderal Putu Gede Suastawa menjelaskan, dari jumlah yang terdeteksi pecandu narkoba, sebanyak 632 orang tengah menjalani rehabilitasi. Dari jumlah tersebut, terdapat 18 orang anggota polisi dari seluruh wilayah hukum Polda Bali.

"Jumlah yang rehab ini terdiri dari 409 orang yang ditangkap oleh aparat dan 123 orang yang melaporkan diri. Termasuk 18 anggota polisi tersebut sudah direhabilitasi dan sekarang mereka sudah ke luar, sudah pulih. Tetapi dipastikan, 18 anggota polisi tersebut tetap dalam pantauan di masing-masing atasannya," kata Suastawa di Denpasar, Jumat 22 Juli 2016.

Peredaran 15 Ribu Pil Ekstasi di Medan Buat Malam Tahun Terbongkar, Pelaku Terancam Hukuman Mati

Tragisnya, kata Suastawa, dari puluhan ribu pecandu narkoba di Bali rata-rata di usia produktif. Pecandu terbanyak berada pada kisaran usia 21 tahun hingga 40 tahun. Sementara untuk usia di bawah 21 tahun dan di atas 40 tahun tidak sampai 1 persen.

Untuk profesinya, Suastawa menyebut berbagai macam latar belakang. Mulai dari PNS, Polri, guide, mahasiswa, pengusaha, manajer dan berbagai lapisan kelas sosial lainnya. Untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dibutuhkan dana tak sedikit. Untuk itu, ia berharap agar pemerintah pusat mengucurkan dana lebih besar yang diperuntukkan hal tersebut. Tujuannya untuk lebih gencar melakukan rehabilitasi agar Bali bebas dari peredaran gelap narkoba.

Oknum Petugas Lapas Cipinang Ditangkap Diduga Terlibat Peredaran Narkoba, Kalapas Bilang Begini

BNN Provinsi Bali pun gencar melakukan razia ke tempat hiburan malam yang banyak bertebaran di Pulau Dewata. Dini hari tadi, BNN melakukan razia ke empat diskotek dan mendapati sembilan orang yang terindikasi positif narkoba jenis sabu-sabu, ineks dan obat-obatan lainnya.

(mus)

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya